06/12/2022 Gelar Rakor Smart City, Pemkot Kediri Fokuskan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik | Jatim TIMES

Gelar Rakor Smart City, Pemkot Kediri Fokuskan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Jun 03, 2022 09:58
Dinas saat menggelar rapat koordinasi.(foto :istimewa)
Dinas saat menggelar rapat koordinasi.(foto :istimewa)

Pewarta: Eko Arif Setiono | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Komitmen Pemerintah Kota Kediri dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat   masih menjadi prioritas. Hal tersebut tercermin dalam upaya mewujudkan Kota Kediri sebagai smart city. 

Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Smart City Kota Kediri Tahun 2022.  di ruang rapat Joyoboyo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekretaris daerah Kota Kediri, Dewan Smart City dan tim pelaksana Gerakan Menuju 100 Smart City Kota Kediri, serta Mohamad Siddiq (kepala Dinustek Semarang) sebagai narasumber.

Baca Juga : Ridwan Kamil Pulang ke Indonesia, Pencarian Eril Lanjut Hari Ini dengan Melibatkan Anjing Pelacak

Dalam sambutannya, Apip Permana (kepala Diskominfo Kota Kediri) mengemukakan  capaian Smart City Kota Kediri tahun 2021 sebesar 3.06. Dan Pemerintah Kota Kediri telah menargetkan capaian pada tahun 2022 sebesar 3,4.

“Target tersebut  cukup berat. Namun itu akan menjadi ringan apabila semua OPD turut berpartisapasi dan berkolaborasi dalam mewujudkan smart city di masing-masing bidang.” tutur Apip.

Apip menyebut, terdapat enam pilar yang menjadi fokus smart city. Yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment. 

“Untuk mencapai enam pilar tersebut agar tercapai smart city, harus ada kerja sama antar semua OPD. Saat ini Kota Kediri tengah mempersiapkan kota berbasis IT di masa depan," terang Apip.

Sementara itu, Bagus Alit (sekretaris daerah  Kota Kediri) turut memotivasi peserta rapat bahwasannya terdapat elemen yang lebih penting dari sekadar skor dan penghargaan yang didapatkan. Menurut dia, terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik merupakan tujuan utama pemerintah Kota Kediri dalam mewujudkan smart city.

Baca Juga : Dikunjungi Pemkab Soppeng, Bupati Pamekasan Promosi Batik Tulis: Wanita Kian Cantik kalau Pakai Ini

“Dalam perjalanan mewujudkan Kota Kediri menjadi smart city ini terbilang cukup sukses. Kota Kediri berhasil menerima penghargaan smart branding untuk Prodamas yang diberikan langsung oleh menteri kominfo, tiga penghargaan rating Kota Cerdas Indonesia tahun 2021, dan sejumlah penghargaan lain,” ujar Bagus Alit.

“Saya berpesan untuk semua OPD yang membidangi agar bahu-membahu, bekerja sama dalam mewujudkan semua itu,” imbaunya. Dirinya berharap agar pencapaian pelaksanaan smart city tahun 2022 lebih meningkat serta dapat menjaga kolaborasi agar lebih harmonis.(adv)

Judul berita Gelar Rakor Smart City, Pemkot Kediri Fokuskan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pemkot Kediri smart city kota kediri

Berita Lainnya