Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Momentum Hari Lahir Pancasila, PDIP Tulungagung Ajak Kelompok Milenial "Melek" Literasi

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Pipit Anggraeni

02 - Jun - 2022, 17:34

Placeholder
Dari kanan ke kiri : Ketua DPC PDIP Tulungagung Susilowati, Ketua DPRD Tulungagung Marsono dan Sekretaris DPC PDIP Tulungagung Sodik Purnomo saat acara peringatan hari lahir Pancasila. (Foto: Hendi for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, DPC PDI Perjuangan Tulungagung mengajak kelompok milenial dan kelompok pemuda agar kembali melihat literasi atau bacaan tentang sejarah berdirinya NKRI, khusunya sejarah lahirnya Pancasila 1 Juni.

Kampanye dan ajakan ini digaungkan karena DPC PDI Perjuangan Tulungagung menganggap saat ini bangsa Indonesia, khususnya kaum milenial sedang dilanda "surplus informasi tetapi miskin literasi". Sehingga kembali "melek" literasi adalah salah satu solusinya.

Baca Juga : Miris, Tumpukan Sampah Bertebaran di Pintu Masuk TRK BangkalanĀ 

"Setiap hari kita dimasuki oleh informasi, sehingga mana informasi yang betul dan yang salah, kita sulit untuk membedakannya. Maka solusinya adalah kita harus kembali melek literasi," kata Sekretaris DPC PDIP Tulungagung Sodik Purnomo. Kamis (2/6/2022).

Selain itu, dirinya juga mengajak kaum milenial atau kelompok-kelompok muda untuk menjadikan Pancasila sebagai tujuan hidup didalam berbangsa dan bernegara agar kedamaian dan ketentraman selalu terjaga.

Menurut Sodik, masifnya dunia maya dan media sosial yang masuk dalam kehidupan sehari-hari, lambat laun dikhawatirkan akan menghilangkan nilai-nilai budaya luhur di dalam diri bangsa Indonesia.

Sehingga, kembali memahami sejarah khususnya sejarah lahirnya pancasila menjadi penting agar pengetahuan yang luas terhadap Pancasila menjadi kepentingan bersama, menjadi cita-cita bersama agar NKRI tetap utuh, tetap berpihak pada kesejahteraan dan tetap damai.

"Kata bung karno, sebagai bangsa kita harus menjalankan trisakti. Berdikari di bidang ekonomi, berdaulat di bidang politik dan berkepribadian di bidang budaya," ungkapnya.

Baca Juga : Manfaatkan FABA, Pemkab Jember Tandatangani KSB dengan UP PT PBJ Paiton

Menjalankan trisakti bukanlah tanpa alasan, karena jika politik, budaya dan ekonomi tidak berdikari, maka bangsa Indonesia khususnya Tulungagung akan terjerumus pada kolonialisme dan akan terjerumus pada penjajahan gaya baru yang secara sadar dan sukarela bahkan timbul perasaan senang dijajah oleh budaya asing dan dijajah oleh sistem ekonomi asing.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Tulungagung Susilowati menambahkan, dalam rangka memperingati hari lahir pancasila, partainya telah mengadakan acara selamatan dengan memotong tumpeng. Dalam acara itu, juga mengundang pengurus PAC di 19 Kecamatan.

"Kita mendoakan Ir. Soekarno, yang mana beliau merupakan perumus pancasila dalam pidatonya 1 juni 1945 sehingga sekarang ditetapkan menjadi hari lahir pancasila," kata Susi singkat.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Pipit Anggraeni