Sabet Juara 1 dan 2, Mahasiswa UIN Maliki Malang Ini Buat Harum Nama Kampus | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sabet Juara 1 dan 2, Mahasiswa UIN Maliki Malang Ini Buat Harum Nama Kampus

May 30, 2022 13:27
Para mahasiswa UIN Maliki Malang yang menjuarai lomba Tiktok dan Lomba Bussiness Plan (Ist)
Para mahasiswa UIN Maliki Malang yang menjuarai lomba Tiktok dan Lomba Bussiness Plan (Ist)

JATIMTIMES - Tim Koperasi Mahasiswa (Kopma) "Padang Bulan" Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, mengharumkan nama kampus berlogo Ulul Albab itu.  Dua gelar juara disabet tim Kopma Padang Bulan dalam ajang perlombaan yang diselenggarakan Koperasi Mahasiswa Mandiri Politeknik Negeri Lampung.

Dalam perlombaan bertema 'Mengembangkan Potensi dalam Mewujudkan Peran Koperasi yang Inovatif dan Kompetitif' dan digelar secara online, mulai 24 April hingga 15 Mei 2022 lalu, tim Kopma Padang Bulan UIN Maliki Malang berhasil meraih juara 1 Lomba Business Plan dan juara 2 Lomba Tiktok dalam Cooperation Championship 2022

2

Pada perlombaan Bussiness Plan, tim UKM Koperasi Padang Bulan mengusung ide kuliner 'Rumah Apel'. Mereka memiliki 3 produk andalannya, yakni Sari Buah Apel, Kripik Coklat Apel, dan Croffle Apel. 

Baca Juga : Beredar Pesan Berantai Dugaan Lelang Jabatan Pemkab Malang Dikondisikan, Ini Jawaban BKPSDM

Tim yang digawangi Syahrul Mubin dari Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Wahadah Atika dari Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan Ellisa Fadia Laili dari Prodi Manajemen, akan membersamai Rumah Apel berkolaborasi dengan beberapa UMKM produsen olahan apel di Kota Batu. UMKM tersebut di antaranya sari buah apel yang dikelola Toko Brosem dan kripik buah apel yang dikelola Hanina Shop.

Menurut ketua tim, Syahrul Mubin, upaya yang ia lakukan bersama tim adalah untuk membantu para petani dan UMKM dalam membantu pemasaran olahan apel. Hal ini tentu bertujuan mendorong dan membuat masyarakat lebih mencintai buah apel, utamanya kalangan remaja. 

"Sebab, seperti diketahui jika buah apel ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan," tuturnya.

Selain itu, hal ini untuk menjadikan produk olahan apel sebagai camilan favorit yang disukai oleh masyarakat, sehingga itu turut berimbas juga pada terdongkrak perkonomian masyarakat. 

"Tim ini sebelumnya juga berhasil memenangi lomba video kreatif dalam event Gebyar Koperasi Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Koperasi Universitas Negeri Semarang (19/04). Video 4 menit berjudul "Pentingnya Channel Digital dalam Pengembangan Usaha" yang ditampailkan menyabet juara 3," jelasnya.

Baca Juga : Fahri Hamzah Tuai Respons Menohok setelah "Sindir" PKS soal Raffi Ahmad

Selain itu, dalam perlombaan video kreatif, peraih juara 2 lomba Tiktok, yakni Nurul Fatimah dari Prodi Akuntansi, menampilkan video Tiktok berdurasi 1 menit yang mengandung pesan penyemangat bagi para generasi muda. 

1

Video yang ia tampilkan, diberikan judul "Yuk Berwirausaha Melalui Sosmed". Tema ini ia ambil tak lepas dari perkembangan teknologi saat ini, terlebih lagi perkembangan media sosial yang semakin banyak jenis dan penggunanya.

"Video tersebut membawa pesan agar kita bisa mengembangkan jiwa inovasi berwirausaha dengan memanfaatkan keunggulan media sosial," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki Malang kopma padang bulan uin maliki malang

Berita Lainnya