Beredar Pesan Berantai Dugaan Lelang Jabatan Pemkab Malang Dikondisikan, Ini Jawaban BKPSDM | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Beredar Pesan Berantai Dugaan Lelang Jabatan Pemkab Malang Dikondisikan, Ini Jawaban BKPSDM

May 30, 2022 13:13
Ilustrasi lelang jabatan.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi lelang jabatan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sejumlah jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang saat ini tengah dalam proses lelang terbuka. Catatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang ada 39 ASN yang mendaftar pada 10 JPTP yang telah dibuka. 

Kesepuluh jabatan yang saat ini dibuka adalah Kepala Satpol PP, Bakesbangpol, Disperindag, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Diskominfo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). 

Baca Juga : Bikin Heboh, Rusia Sebut di Indonesia Ada Lab Virus Berbahaya Milik Amerika

Di tengah proses seleksi, tersiar desas-desus bahwa prosesnya sarat kecurangan. Artinya, ada pihak yang menduga bahwa proses seleksi tersebut hanya sebagai formalitas, sedangkan ASN yang nantinya mengisi jabatan kosong tersebut telah dikondisikan. 

Bersamaan dengan hal tersebut juga beredar pesan berantai melalui pesan WhatsApp (WA) terkait nama-nama ASN yang diduga hampir dipastikan mengisi jabatan tertentu. Dalam pesan berantai tersebut setidaknya ada 11 nama yang disebut telah disiapkan kursi di jabatan yang kosong. 

11 nama beserta kursi jabatan yang disebut adalah Ichwanul Muslimin (saat ini sedang menjabat sebagai Camat Pagak) sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Mumuk Hadi Martono yang saat ini sebagai Camat Donomulyo disebut bakal menjadi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH). Eko Margianto yang saat ini sebagai Camat Kepanjen disebut bakal menjadi Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). 

Ada juga Abai Saleh yang saat ini menjadi Camat Dampit dan disebut akan menjabat sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Fery, yang saat ini menjadi Plt Kepala Diskominfo disebut akan menjadi Kepala Diskominfo setelah proses lelang jabatan ini.

Eko Wahyu yang saat ini menjadi Camat Singosari disebut bakal menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Dr. Umar Usman disebut bakal menjadi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), sedangkan saat ini ia masih aktif sebagai Sekretaris Dinkes Kota Malang.

Selain nama-nama tersebut juga ada nama Mahila yang disebut bakal menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Tito disebut bakal menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Purwoto akan menjadi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). 

Satu nama lagi ialah Budiar Anwar yang disebut bakal menjadi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK). Budiar sendiri saat ini sedang menjabat sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. 

Baca Juga : 5 Negara Ini Jadikan Tempe sebagai Makanan Mewah, Ada yang Dijual hingga Rp 400 Ribu

Namun, jabatan Kepala DPKPCK bukan termasuk jabatan yang pendaftaran lelang terbukanya dibuka tahun ini. Selain itu dua jabatan lain yang masih belum dibuka pendaftarannya adalah Direktur RSUD Kanjuruhan dan Jabatan Staf Ahli.

Sementara itu, menyikapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah mengaku bahwa pihaknya belum mendengar kabar soal pesan berantai tersebut. 

"Saya kok belum mendengar kabar itu ya. Tapi yang jelas, kalau saya akan melaksanakan sesuai dengan tahapan yang kita tetapkan itu," ujar Nurman ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, tudingan soal dugaan pengkondisian tersebut patut dipertanyakan. Sebab dalam proses lelang jabatan secara terbuka ini, pihaknya juga melibatkan pihak akademisi sebagai panitia seleksi (pansel). 

"Artinya bagaimana mungkin ya, di sini saya juga melibatkan akademisi juga. Saya belum pernah mendengar berita itu. Insya Allah prosedurnya sudah kita sampaikan dengan hari ini," terang Nurman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
lelang jabatan di kabupaten malang dugaan pengkondisian jabatan

Berita Lainnya