Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Federal International Finance Bukukan Pertumbuhan Positif Tahun 2022

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

25 - May - 2022, 18:54

Placeholder
Kantor pusat PT Federal International Finance (FIF). Perseroan berhasil membukukan pertumbuhan positif tahun 2022

JATIMTIMES - PT Federal International Finance (FIF), yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang Jasa Keuangan yang juga menjadi bagian dari Astra Financial membukukan kinerja positif selama periode Januari-Maret 2022 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya seiring mulai bergeraknya roda perekonomian setelah penurunan kasus Covid-19 di Indonesia.

PT FIF berhasil mencatatkan pertumbuhan pada nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) menjadi Rp 8,11 triliun pada periode Januari-Maret 2022, naik sebesar 11,59% dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 7,27 triliun. Seiring dengan itu, PT FIF juga membukukan pertumbuhan booking unit (BU) sebesar 5,07% menjadi 665 ribu unit pada periode Januari-Maret 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai sekitar 633 ribu unit.

Baca Juga : Klaim Telan Banyak Korban, Teatrikal Kecelakaan Lalu Lintas Warnai Aksi GMNI Tulungagung

Kinerja positif dari berbagai indikator tersebut menghasilkan peningkatan laba bersih yang sebesar 83,20% menjadi Rp 750,78 miliar pada Januari-Maret 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 409,80 miliar
Berkenaan dengan hal tersebut, Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari berbagai langkah dan strategi manajemen dalam menyiasati kondisi pada saat itu. Salah satunya adalah dengan menghadirkan beragam inovasi digital yang terus ditingkatkan oleh PT FIF untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh customer.

“Inovasi digital yang dikembangkan oleh PT FIF mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, manajemen akun/kontrak, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit,” kata Margono.

Lebih lanjut, Presiden Direktur PT FIF menjelaskan bahwa perekonomian yang membaik telah mendukung pergerakan berbagai sektor ekonomi termasuk industri pembiayaan, meskipun kondisinya belum menyamai kondisi di sebelum pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia.

Menurut Margono, berbagai produk digital yang dihadirkan PT FIF untuk membantu seluruh proses bisnis tersebut di antaranya adalah FIFGROUP Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu proses penjualan, E-Form dan Smart Aqcuisition untuk membantu proses pengajuan order dan mempercapat akuisisi kredit customer.

FM Mobile Collection dan Smart Collection untuk mempermudah proses penagihan tanpa harus melakukan kunjungan, dan berbagai produk digital yang membantu proses bisnis lebih efisien, efektif dan produktif.

“Bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF akan terus memberikan upaya terbaiknya sebagai partner solusi finansial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya,” tegas Margono.
Perkembangan Line of Business per April 2022

PT FIF memiliki 4 lini bisnis utama pada layanan pembiayaan yang disediakan. Keempat lini bisnis tersebut adalah FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiproduk, dan AMITRA yang merupakan jasa pembiayaan syariah PT FIF. Berikut ini perkembangan masing-masing Line of Business (LoB) PT FIF berdasarkan data lapangan yang telah terkumpul sampai dengan April 2022.

Penyaluran pembiayaan setiap lini bisnis PT FIF memperlihatkan peningkatan pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. FIFASTRA yang merupakan core bisnis perusahaan berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 7,10 triliun pada periode Januari-April 2022, naik 9,10% dibanding periode sama tahun 2021 yang mencapai Rp 6,51 triliun.

Sementara itu, FIFASTRA juga mencatatkan peningkatan jumlah booking unit sebesar 12,8%, menjadi 420 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 373 ribu unit.

Di sisi lain, DANASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 3,92 triliun atau naik sebesar 13,4% pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021 dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 3,46 triliun. Sedangkan, jumlah booking unit DANASTRA menjadi 456 ribu booking pada periode Januari-April 2022, turun 1,3% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 461 ribu unit.

Untuk SPEKTRA, jumlah nilai penyaluran pembiayaan mengalami kenaikan sebesar 53,04% menjadi Rp 254,45 miliar pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 166,24 miliar. Dari sisi booking unit, SPEKTRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 10,13%, menjadi 38 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 35 ribu unit.

Unit syariah PT FIF, AMITRA pada periode Januari-April 2022 mengalami peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 4,68% menjadi Rp 29,4 miliar dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang mencapai Rp 28,06 miliar. Namun, secara jumlah booking unit, AMITRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 41,05%, menjadi 1.687 unit pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 yang mencapai 1.196 unit.

Program Berkelanjutan

Baca Juga : Menko Airlangga: Perkembangan dan Percepatan Digitalisasi Penting bagi Kemajuan Negara Berkembang

Dalam rangka mendukung implementasi program berkelanjutan yang mengacu kepada Environment, Social, and Governance (ESG), PT FIF telah mencatatkan pelaksanaan berbagai program yang masuk kedalam 4 pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Pada pilar kesehatan, dalam rangka merayakan HUT Kemilau 33 Tahun, PT FIF mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengumpulkan kantong darah sebagai persediaan darah untuk masyarakat Indonesia, di mana PT FIF menargetkan untuk mengumpulkan 33.000 kantong darah sepanjang tahun 2022.

Program yang juga dihadirkan oleh PT FIF pada pilar kesehatan di antaranya adalah program Stunting untuk membantuk 130 
anak penderita stunting  di 13 wilayah di Indonesia.

Untuk pilar lingkungan, hingga April 2022, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF menyalurkan Dana Sosial Syariah dengan mengimplementasikan penanaman 33.000 pohon sepanjang 2022 se-Indonesia, di mana hingga bulan April 2022 PT FIF telah melaksanakan penanaman sebanyak 10.525 bibit. Penanaman tersebut akan terus berlanjut sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Selain melakukan penanaman pohon, dalam rangka melestarikan lingkungan PT FIF melakukan pemasangan solar panel sebagai salah satu sumber energi listrik di 7 cabang PT FIF pada tahun 2022 dengan total kapasitas yang berhasil terpasang sebesar 86,4 kilowatt-peak (KWp). Program ini diharapkan dapat mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global, sehingga operasional bisnis PT FIF lebih ramah lingkungan.

Pada program pemberdayaan masyarakat, untuk terus membantu pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, PT FIF menargetkan penyaluran Program Dana Bergulir yang berasal dari Dana Sosial Syariah, di mana program tersebut telah berlangsung sejak tahun 2016 hingga tahun 2021 dengan total jumlah penerima kebermanfaatan sebanyak 803 UMKM.

Pada tahun ini, PT FIF kembali melaksanakan program tersebut dengan menargetkan penyaluran program pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk 550 pelaku UMKM di tahun 2022 dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 1,9 miliar, sehingga total jumlah penerima Program Dana Bergulir dari 2016 hingga 2022 sebesar 1.353 UMKM dengan total dana yang disalurkan lebih dari Rp 4,2 miliar.

Di dalam program tersebut, selain penyaluran dana bergulir, UMKM yang menjadi peserta program tersebut akan menerima program pengembangan dan pembinaan dalam bentuk pelatihan serta webinar dalam rangka meningkatkan pengetahuan UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pada pilar pendidikan, PT FIF turut melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan untuk 33 Panti Asuhan di Indonesia dalam mengembangkan program pembinaan bagi santri-santri di seluruh panti asuhan terebut. Program lainnya yang dilakukan untuk mendukung pendidikan di Indonesia adalah dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Guru sebagai program untuk meratakan kompetensi guru-guru di Indonesia.

Program-program tersebut merupakan  diharapkan dapat mendukung aspek sosial dan lingkungan yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi seluruh pemangku kepenting PT FIF.

 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya