Jatim Times Network Logo
Serba Serbi

Sampai Ratusan Juta, Gaji Tukang Parkir Ini Bikin Ngiler

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

25 - May - 2022, 03:51

Ilustrasi tukang parkir pesawat yang mempunyai gaji tinggi (Adobe stock)
Ilustrasi tukang parkir pesawat yang mempunyai gaji tinggi (Adobe stock)

JATIMTIMES - Gaji seorang tukang parkir pesawat di Amerika Serikat, kayaknya bakal membuat kamu ngiler. 
Sebab, hanya dalam waktu seminggu, gajinya mencapai puluhan juta rupiah, dan bahkan menyamai gaji kamu sebulan bekerja di Indonesia.

Diolah dari ZipRecruiter Rabu (25/5/2022), pertahun gaji dari  tukang parkir pesawat atau marshaller mencapai US$ 43861 atau kisaran Rp 622 juta pertahun.

Baca Juga : Peringatan Hari Buruh Kabupaten Kediri, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Manfaat Santunan Ratusan Juta Rupiah

Jika dihitung perbulan, setiap bulan Marshaller mendapatkan gaji sekitar US$ 3.655 atau Rp 51 juta. Lalu jika dihitung seminggu  gaji marshaller mencapai US$ 843 atau Rp 11,9 juta per minggu.

Di dunia, rata-rata gaji seorang Marshall sebesar US$21 per jam atau Rp 302 ribu. Kemudian, dilansir dari IDXchannel, pada Bandara Freemont, gaji seorang Marshall ini sebesar USD24 per jam atau Rp 345 ribu per jam. sedang di Bandara Tanaina gaji Marshaller ini sebesar USD 23 atau  Rp 331 ribu per jam.

Daerah lain seperti San Fransisco, gaji Marshaller juga berada di atas rata-rata. Gaji Marshaller sebesar US$ 9983 atau sekitar Rp 141 juta. Untuk San Jose di California, Marshaller mendapatkan gaji US$ sebesar 6627 atau Rp 94 juta.

Sementara itu, dilansir dari detik, gaji petugas parkir pesawat di Indonesia, berkisar Rp 4-6 juta. Hal ini dibenarkan salah seorang petugas parkir pesawat di Gapura Angkasa Bandara Soekarno-Hatta, Arif Husni.

"Perkiraan saja ya, antara Rp 4-6 juta," tegas Arif.

Baca Juga : Petrokimia Peduli Pendidikan, Ratusan Guru dapat Layanan Kesehatan Mata Gratis

Peran dari Marshaller juga sangatlah vital. Marshaller sangatlah membantu pilot dalam memarkirkan pesawat. Selain memberikan aba-aba untuk parkir pesawat, mereka juga bertugas memastikan jalur yang dilewati bebas dari hal-hal yang mengganggu.

Sehingga, untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat, tidaklah sembarangan dan membutuhkan keahlian khusus. Terdapat pendidikan khusus yang harus dijalani untuk menjadi seorang Marshall.


Topik

Serba Serbi


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni