10/12/2022 Rek, Ning Ita Serius Jadikan Mojokerto Kota Budaya, Ini Kejutannya | Jatim TIMES

Rek, Ning Ita Serius Jadikan Mojokerto Kota Budaya, Ini Kejutannya

May 20, 2022 15:23
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat membuka acara Belajar Aksara Jawa Kuna.
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat membuka acara Belajar Aksara Jawa Kuna.

Pewarta: Abdullah M | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Sejak awal menjabat hingga saat ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari terus memfokuskan agar Mojokerto menjadi kota budaya. Itu tak terlepas dari sejarahnya dahulu yang pernah berdiri Kerajaan Majapahit di  abad 13 hingga 14.

"Yang perlu saya sampaikan di sini ada beberapa poin. Sejak awal saya mengusung Spirit of Majapahit untuk bagaimana mengimplementasikan itu dalam berbagai sektor dan bidang," ujarnya saat membuka acara Belajar Aksara Jawa Kuna, Jumat (20/5) di Kantor Dinas Pendidikan Kota Mojokerto.

Baca Juga : Suporter PSIS Semarang Dapatkan Jatah Kuota di Stadion Kanjuruhan

Menurut wali kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut, Spirit of Majapahit ini dimaknai sebagai sebuah motivasi besar dalam membangun Kota Mojokerto  yang tak begitu besar ini namun bisa menjadi apik serta cantik nantinya. 

"Yang membuat semangat kita adalah keunggulan sebuah daerah sesuai dengan misinya mewujudkan Kota Mojokerto yang berdaya saing. Itu artinya memiliki keunggulan tertentu," ujar dia.

Meskipun Kota Mojokerto hanya memiliki tiga kecamatan, Ning Ita menagaskan hal  tu memberikan semangat yang besar. "Kecil ini garapan mudah untuk bisa dimaksimalkan segala potensi yang ada. Sehingga kita mampu menampilkan seluruh potensi dan keunggulan yang ada," tandas dia.

Salah satu sektor yang jadi garapan penting adalah terkait sejarah dan budaya. "Karena dalam prioritas saya ini adalah mewujudkan Kota Mojokerto sebagai kota pariwisata yang berbasis sejarah dan budaya," beber istri Supriyadi KS ini.

Ning Ita menegaskan, pada abad 13-14 di Kota Mojokerto-lah ibu kota Kerajaan Majapahit. "Kerajaan yang termasyhur dan bahkan sampai sekarang warisan seni dan budayanya masih banyak sekali dilakukan oleh masyarakat kita," lanjutnya.

Sejak awal menjabat, Ning Ita sudah memiliki grand design bagi Kota Mojokerto. Dan rencana itu juga sudah disetujui oleh Presiden Jokowi melalui Keputusan Perpres Nomor 90 Tahun 2019.

Baca Juga : Budayakan Hidup Sehat, DPC PDIP Ajak Masyarakat Senam SICITA

"Bikin grand design Wisata Bahari Mapajahit. Tahun depan semua proyek itu akan dikerjakan. Ini salah satu bentuk konkret," katanya.

Alasan memilih wisata bahari sendiri adalah sebab Kota Mojokerto yang dialiri oleh enam aliran sungai besar di dalamnya. "Pada saat kejayaan Majapahit, jalur transportasi dan jalur distribusi, jalur ekonomi mayoritas gunakan jalur air. Itu artinya sebenarnya pusat di sini. Itulah kemudian saya gagas bersama tim," imbuh Ning Ita.

Untuk wisata bahari ini, Ning Ita rencananya akan menghadirkan kapal Majapahit yang memiliki panjang 45 meter serta lebar 18 meter. "Di atasnya nanti bisa digunakan untuk wisata kuliner dengan background Kalinotok, anaknya Sungai Brantas," pungkas wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

Judul berita Rek, Ning Ita Serius Jadikan Mojokerto Kota Budaya, Ini Kejutannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Wali Kota Mojokerto Ita Puspitasari Ning Ita

Berita Lainnya