Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UTBK SBMPTN Serentak Dimulai Hari Ini, 19 Ribu Lebih Peserta Ujian di UB

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

17 - May - 2022, 16:22

Placeholder
Para mahasiswa nampak mengikuti UTBK SBMPTN (Ist)

JATIMTIMES - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 mulai dilaksanakan serentak di 74 Pusat UTBK di Indonesia, Selasa (17/05/2022).

UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Baca Juga : Soal Pembelian Atribut Pelantikan Kades, Komisi I DPRD Gresik Serahkan ke Inspektorat

 

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Universitas Brawijaya (UB) Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.A.B menyampaikan, pelaksanaan UTBK 2022 di UB diikuti oleh 19.487 peserta.

“Untuk itu UB menyediakan 67 ruangan dan 1.380 komputer untuk setiap sesinya, dengan 79 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi,” kata Heri.

Pada hari pertama pelaksanaan UTBK, Rektor Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS beserta para pimpinan universitas dan fakultas meninjau pelaksanaan UTBK di beberapa fakultas, yakni Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sama seperti tahun sebelumnya, UB telah mempersiapkan berbagai fasilitas terkait protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, masker, sarung tangan, sterilisasi ruangan, dan menjaga jarak antar peserta. Demikian juga fasilitas untuk peserta difabel yang diberi ruangan khusus di Fakultas Ilmu Komputer.

"Dipasangi metal detector setiap ruangan. Hal ini mencegah mereka yang bawa hp dan alat lainnya. Kan nggak mungkin kita raba-raba, makanya menggunakan metal detector," jelas Nuhfil.

Meskipun dipasangi metal detector pada setiap ruangan, berkaca dari pelaksanaan UTBK sebelumnya, tingkat pelanggaran atau mahasiswa yang melanggar ketentuan dari UTBK yang mengarah pada kecurangan tidak ditemukan. Karena itu, pihaknya berharap pada pelaksanaan UTBK tahun ini 

"Dulu belum atau tidak ada kecurangan. Semoga tahun ini juga tidak ada," tuturnya.

Baca Juga : Cetak Generasi Indonesia Emas, Ning Ita Tekankan Pendidikan Karakter sejak PAUD

 

Untuk peserta UTBK sebanyak 19487 peserta atau sekitar 95 persen. Mereka yang tidak hadir dengan beragam alasan. Disebut Nuhfil kemungkinan mereka yang tidak hadir telah diterima dalam SNMPTN ataupun mereka tengah sakit. 

"Ada juga yang tidak ada alasan. Kalau untuk yang sakit, tentunya bisa digelombang dua, tapi tentunya dengan ketentuan," paparnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES menambahkan, yang berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu, pelaksanaan UTBK didahului dengan pemeriksaan metal detector kepada para peserta sebelum memasuki ruangan tes.

“Tahun lalu sudah ada namun hanya di beberapa ruangan, untuk tahun ini semua ruangan sudah dilengkapi fasilitas metal detector untuk mengantisipasi adanya peserta yang membawa HP atau kamera, dan disediakan dua petugas, laki-laki dan perempuan, di masing-masing ruangan untuk melakukan pengecekan,” jelas Prof. Aulanni’am.

UTBK setiap harinya terbagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi siang. Hasil UTBK akan diumumkan di website ltmpt.ac.id pada tanggal 23 Juni 2022.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya