Dulu Diobral, Kini  Ayam Afkir di Tulungagung  Jadi Mahal seperti Telur | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dulu Diobral, Kini Ayam Afkir di Tulungagung Jadi Mahal seperti Telur

May 15, 2022 19:33
Ayam afkir yang sebelumnya diobral kini jadi mahal.  (Foto : Anang Basso / Tulungagung Times)
Ayam afkir yang sebelumnya diobral kini jadi mahal. (Foto : Anang Basso / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Mahalnya harga daging ayam semenjak jelang Lebaran berpengaruh pada terdongkraknya ayam afkir di Tulungagung. Ayam afkir atau ayam petelur dengan produksi telur rendah sekitar 20 sampai 25% pada usia sekitar 96 minggu dan siap untuk dikeluarkan dari kandang.

"Dipengaruhi harga daging dan telur yang tinggi, alhamdulillah harga ayam afkir juga bagus," kata Abdul Basid (45), peternak ayam asal Desa Bendilwungu, Minggu (15/5/2022).

Baca Juga : Terkait Virus PMK, Ini Keresahan Pemilik Ternak Sapi di Lumajang

Jika telur murah, ayam petelur atau broiler yang belum afkir saja dijual hingga kisaran 15 ribu rupiah per ekor. Tapi  kini dihargai 34 ribu rupiah.

"Berat antara 1,5 kilogram ke atas. Kalau terlalu kurus, ada potongan harga," ujarnya.

Ayam broiler afkir ini, jika tetap dipertahankan, tidak imbang antara harga pakan dan produksi telur. "Beberapa di antaranya memang ada yang masih cukup produktif. Namun hasil dan nilai pakan tidak nyucuk (tidak imbang)," ungkapnya.

Basid menjelaskan, ayam yang sudah tidak produktif ini akan digantikan ayam yang sudah siap bertelur. "Sudah akan kami ganti. Usia sudah sekitar 5 bulan akan kami naikkan ke batrek persiapan bertelur," jelasnya.

Baca Juga : April Nilai Tukar Nelayan Naik 1,33 Persen dan YoY Sebesar 6,16 Persen, Gubernur Khofifah Apresiasi Kinerja Nelayan dan Pelaku Usaha Perikanan

Selain berkah, penjualan ayam afkir di saat harga telur dan daging sedang tinggi juga dapat menutup pembelian konsentrat untuk diberikan pada kuthuk (anak ayam) yang sebentar lagi mulai bertelur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Ayam afkir Harga ayam afkir

Berita Lainnya