Ini Sistim Pengamanan Selokambang Untuk Menjamin Keselamatan Pengunjung | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ini Sistim Pengamanan Selokambang Untuk Menjamin Keselamatan Pengunjung

May 10, 2022 12:26
Pemandian alam Selokambang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)
Pemandian alam Selokambang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Ir. Yuli Harismawati angkat bicara soal tenggelamnya salah seorang pengunjung yang sedang berenang di Pemandian Alam Selokamhang yang berada dibawah naungan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang.

Menurut Yuli, karena Pemandian Alam Selokambang memiliki kedalaman yang berbeda, maka sudah dipasang tanda yang menginformasikan tentang kedalaman pemandian.

Baca Juga : Selama Libur Lebaran Perputaran Uang di Kota Batu Mencapai Rp 225 Miliar

"Intinya kalau memang berenang ke bagian pemandian yang cukup dalam, maka persyaratan utamanya adalah bisa berenang. Kecuali untuk kolam anak-anak yang kedalamannya memang disesuaikan dengan ketinggian anak-anak," kata Yuli Haris.

Sementara untuk pengamanan, masih kata Yuli, di Pemandian Alam Selokambang ditempatkan 28 petugas yang memiliki tugas-tugas khusus sesuai dengan pembidangan yang ada.

"Kita ada 5 petugas yang bertugas menjaga dan mengamankan pengunjung saat mandi, ada juga dua petugas medis yang memang memiliki kemampuan medis yang bertigas memeriksa pengujnung jika terjadi insiden seperti kemarin itu. Petugas medis inilah yang bertugas untuk menentukan apakah akan dibawa ke rumah sakit atau tidak," kata Yuli.

Sementara untuk insiden yang terjadi pada hari Senin kemarin, pengunjung tersebut sudah berusia dewasa. Korban sempat tenggelam namun berhasil diberikan pertolongan.

"Korban hanya sesaat saja sempat trauma karena tenggelam, namun berhasil kita selamatkan dan sudah dipulangkan ke keluarganya. Walau demikian tetap kita bawa ke rumah sakit atas anjuran kepolisian," kata Yuli hari ini Selasa (10/5)

Baca Juga : Libur Lebaran Jumlah Kunjungan di Kota Batu Capai 405.336 Wisatawan

Pada hari ini, Pemandaian Alam Selokambang tetap buka sebagaimana biasa, dan pengunung tetap banyak. Harapan kami warga tetap menyesuaian diri, jika tidak bisa berenang jangan memilih kolam dalam jika memang tidak bisa berenang," harap Yuli kemudian.

Walau demikian, Yuli menyatakan bahwa petugas selalu siap dalam melakukan pengawasan terhadap pengunjung yang berenang di Pemandian Alam Selokambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemandian alam selokambbg lumajang Dinas Pariwisata Lumajang

Berita Lainnya