Tradisi Penerbangan Balon Udara di Jombang Dibubarkan Polisi | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tradisi Penerbangan Balon Udara di Jombang Dibubarkan Polisi

May 09, 2022 12:03
Petugas Polsek Jogoroto amankan satu balon udara warga. (istimewa)
Petugas Polsek Jogoroto amankan satu balon udara warga. (istimewa)

JATIMTIMES - Penerbangan balon udara menjadi tradisi warga Desa Ngumpul, Kecamatan Jogoroto,  Jombang, saat Lebaran Ketupat. Namun, tradisi yang sudah turun-temurun itu dibubarkan polisi lantaran balon udara dianggap membahayakan.

Tradisi balon udara itu umum digelar oleh masyarakat Dusun/Desa Ngumpul setiap Lebaran Ketupat atau H+7 Hari Raya Idul Fitri. Warga di satu dusun itu membuat sendiri balon udara tradisional dengan lembaran plastik yang dibentuk menyerupai balon berukuran besar.

Baca Juga : Berlebaran ke Rumah Mbakyu, ABG di Tulungagung ini Malah Digagahi Garangan

Untuk menerbangkannya, warga menggunakan asap dari bakaran jerami yang dimasukkan ke dalam lubang balon. Proses penerbangan digelar di sepanjang jalan kampung di Dusun Ngumpul.

Namun, tradisi penerbangan balon udara itu rupanya mendapat larangan dari pihak kepolisian. "Sebelumnya sudah kami imbau melalui perangkat desa setempat. Memang kami larang karena dapat mengganggu lalu lintas udara (penerbangan, red)," kata Kapolsek Jogoroto AKP Mochammad Darul Huda kepada wartawa, Senin (09/05/2022).

Dikatakan Darul, imbauan dari pihak kepolisian itu rupayanya tidak diindahkan. Warga masih melakukan penerbangan balon udara di Desa Ngumpul pada pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Petugas Polsek Jogoroto lantas melakukan patroli ke lokasi dan menghentikan penerbangan balon udara yang akan dilakukan warga. Satu balon udara yang belum sempat diterbangkan langsung disita polisi.

Baca Juga : Viral TKW Berparas Cantik Rawat Kakek di Taiwan, Begini Kesehariannya

"Kami amankan satu balon udara. Tadi kami patroli ke Desa Ngumpul. Tidak banyak tadi, hanya satu dua. Tapi kami hanya menemukan di satu tempat saja," pungkas Darul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Balon Udara Balon udara di Jombang

Berita Lainnya