Garam Termahal di Dunia yang Dibandrol Rp 1,4 Juta per 250 Gram, Proses Pembuatannya Sampai 1 Bulan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Garam Termahal di Dunia yang Dibandrol Rp 1,4 Juta per 250 Gram, Proses Pembuatannya Sampai 1 Bulan

May 09, 2022 09:33
Garam (Foto: Cleveland Clinic Health Essentials)
Garam (Foto: Cleveland Clinic Health Essentials)

JATIMTIMES - Garam bambu Korea dinobatkan sebagai garam termahal di dunia. Seperti diketahui, garam adalah salah satu bumbu yang dibutuhkan untuk memasak. 

Agar masakan terasa sedap, biasanya garam menjadi salah satu bumbu yang ditaburkan dalam masakan tersebut. Lantas apa perbedaan garam bambu Korea dengan garam pada umumnya? 

Baca Juga : Harga Minyak Goreng Mulai Turun, Kini Giliran Ayam & Telur yang Naik

Ya, garam memang punya banyak varian, salah satu yang paling populer beberapa waktu lalu adalah pink Himalayan salt. Garam Himalaya Pink merupakan salah satu jenis garam yang harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan garam dapur biasa.

Namun harga garam Himalaya Pink ini nyatanya tak lebih mahal dari garam bambu Korea. Garam bambu Korea merupakan garam termahal di dunia.

Mengutip dari berbagai sumber, garam bambu Korea dijual dengan harga sekitar US$100 USD per 250 gram atau sekitar Rp 1,436 juta per 250 gram.

Apa sih yang bikin harga garam bambu Korea ini begitu mahal?

Salah satu faktor yang membuat harganya mahal yakni soal proses pembuatannya. Sebenarnya pembuatan garam tidaklah mudah, namun garam bambu Korea punya proses yang lebih rumit dan panjang.

Sejak zaman kuno, orang Korea menggunakan garam bambu untuk memasak dan sebagai obat tradisional. Garam itu dibuat dengan menempatkan garam laut biasa di dalam bambu dan mengeringkannya pada suhu tinggi.

Garam Korea dibuat dengan mengisi silinder bambu dengan garam laut. Tabung bambu berisi garam ini lalu ditutupi dengan tanah liat Loess dan memanggangnya 9 kali dalam tungku tradisional. 

Baca Juga : Waspada! 10 Penyakit yang Mungkin Terjadi Pasca Lebaran

Suhu yang dibutuhkan untuk memanggang yaitu 800 derajat Celcius, sesuai titik leleh garam. Proses pemanggangan sebanyak 9 kali ini bertujuan untuk memasukkan banyak mineral dalam bambu ke garam. 

Proses ini juga bertujuan untuk menyaring lebih banyak kotoran. Hal inilah yang membuat garam bambu korea selain jadi garam termahal dunia juga garam paling murni di dunia.

Proses pembuatan garam ini memakan waktu yang sangat lama. Mereka butuh setidaknya 1 bulan penuh untuk menyelesaikannya.

Setiap proses pembuatan garam bambu ini selalu dibuat dengan tangan. Sebagai hasil akhirnya, garam akan berwarna sedikit kecokelatan dan berbutir kasar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
garam bambu korea garam termahal

Berita Lainnya