01/02/2023 Prediksi Puncak Arus Balik, Pospam Mantingan Intens Lancarkan Arus Lalu Lintas | Jatim TIMES

Prediksi Puncak Arus Balik, Pospam Mantingan Intens Lancarkan Arus Lalu Lintas

May 07, 2022 16:14
Pos Pengamanan Mantingan yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai lini terdepan dalam memastikan kelancaran arus balik. (Foto: Polsek Mantingan for JatimTIMES)
Pos Pengamanan Mantingan yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai lini terdepan dalam memastikan kelancaran arus balik. (Foto: Polsek Mantingan for JatimTIMES)

Pewarta: Satria Romadhoni | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Kapolsek Mantingan AKP Tulus Adhi Sanyoto, S.H., M.H. selaku Kapospam Mantingan menyebut, Gelaran Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Semeru 2022 Polres Ngawi" akan berakhir pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022 pukul 24.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Mantingan AKP Tulus Adhi Sanyoto, S.H., M.H. saat ditemui di tengah kesibukannya melaksanakan pengawasan dan pengamanan di pos pengamanan terpadu Mantingan, Sabtu pagi (7/5).

Baca Juga : UTBK SBMPTN, UB Siapkan 442 Pengawas dan 1.380 Komputer

"Hari Sabtu tanggal 7 Mei 2022 diprediksi menjadi puncak arus balik, berdasarkan hasil survey Kemenhub sekitar 16.8 juta orang mudik ke Jawa Timur dan mereka akan kembali balik meninggalkan Jawa Timur menuju Jawa Tengah hingga Jakarta dan tiba di Jakarta tanggal 8 Mei 2022 kemudian hari esoknya sudah mulai kerja normal kembali," ujarnya.

Kapolsek Mantingan AKP Tulus Adhi Sanyoto selaku Kapospam Mantingan mengatakan, Pos Pengamanan Mantingan yang terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai lini terdepan dalam memastikan kelancaran arus balik di jalur arteri mendekati batas waktu berakhirnya masa liburan Idul Fitri tahun ini.

"Kami menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan puncak arus balik lebaran pada tahun ini, yaitu penugasan personel untuk patroli jalur guna antisipasi aksi kejahatan jalanan dan penguraian arus jika terjadi penumpukan. Menugasan personel untuk pengaturan arus lalin di depan Pospam Mantingan, penugasan personel untuk mamantau dan mencatat jumlah kendaraan yang keluar Jatim dan yang masuk Jatim, termasuk penugasan personel untuk memberikan layanan kesehatan maupun vaksinasi," terangnya.

AKP Tulus menyebut, dari hasil pencatatan, kendaraan yang melintasi di Pospam Mantingan selama 24 jam pada hari Jum'at tanggal 6 Mei 2022, jumlah kendaraan dari Jawa Timur menuju Jawa Tengah sebanyak 6.193 unit, antara lain kendaraan pribadi 2.656 unit, kendaraan umum 164 unit, mobil barang 279 unit, truk 237 unit, bus 143 unit, truk pengangkut BBM 14 unit, dan kendaraan roda dua 2.700 unit. 

Sedangkan jumlah kendaraan yang masuk Jawa Timur menurut AKP Tulus sebanyak 5.906 unit, antara lain kendaraan pribadi 2.456 unit, kendaraan umum 141 unit, mobil barang 262 unit, truk 251 unit, bus 96 unit, truk pengangkut BBM 14 unit, dan kendaraan roda dua 2.686 unit.

Baca Juga : Tragedi Seluncur Kolam Renang Ambruk di Surabaya, 15 Orang Jadi Korban

AKP Tulus menambahkan, selain pemantauan dan pencatatan jumlah kendaraan yang melintas, Pospam Mantingan juga menyediakan layanan vaksinasi, dimana dalam kurun waktu yang sama jumlah para pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang singgah dan bersedia divaksinasi sebanyak 28 orang dengan rincian dosis 2 sebanyak 3 orang dan dosis 3 (booster) sebanyak 25 orang.

"Kami mengimbau kepada para pengendara agar lebih hati-hati dan waspada serta penuh konsentrasi dalam mengendarai kendaraannya, dan silahkan memanfaatkan layanan vaksinasi di Pospam Mantingan, jangan paksakan berkendara jika sudah mulai capek dan mengantuk, silahkan istirahat di tempat yang aman," pungkasnya.

Judul berita Prediksi Puncak Arus Balik, Pospam Mantingan Intens Lancarkan Arus Lalu Lintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pospam Mantingan Polres Ngawi

Berita Lainnya