Dosakah Sering Salah Baca Alquran karena Belum Fasih? Syekh Ali Jaber: Malah Dapat 2 Pahala | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dosakah Sering Salah Baca Alquran karena Belum Fasih? Syekh Ali Jaber: Malah Dapat 2 Pahala

May 05, 2022 06:38
Alquran (Foto: matbuat.az)
Alquran (Foto: matbuat.az)

JATIMTIMES - Alquran adalah kitab suci bagi umat Islam. Alquran merupakan tuntunan bagi umat Islam dalam berpegang teguh pada agama. 

Maka sudah menjadi kewajiban umat Muslim untuk membaca dan mengamalkan Alquran. Seorang Muslim yang rutin membaca, mempelajari, dan mengamalkan Alquran  akan mendapat syafaat dari kitab suci tersebut di akhirat kelak. 

Baca Juga : Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

Namun, masih banyak umat Muslim yang belum fasih saat membaca Alquran sehingga sering  salah membacanya. Bahkan, ada yang belum bisa sama sekali membaca Alquran. 

Apakah berdosa saat sering salah dalam membaca Alquran karena belum fasih atau baru belajar? Dilansir melalui kanal YouTube Muslim-saluran dakwah dengan judul 'Berdosakah jika Belum Fasih Membaca Al-Quran? | Ceramah Syekh Ali Jaber' yang diunggah tanggal 6 Oktober 2020, berikut penjelasannya: 

Dalam salah satu ceramahnya, almarhum Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa seseorang belum lancar atau fasih dalam membaca Alquran. Syekh Ali Jaber menyebut bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang berdosa.

Bahkan, menurut Syekh Ali Jaber, orang yang tidak lancar membaca Alquran justru akan mendapatkan dua pahala sekaligus dari Allah SWT. Syekh Ali Jaber menjelaskan, bahkan ketika seseorang membaca Alquran dan tidak mengerti, ia tetap mendapatkan kebaikan dari setiap huruf yang dibacanya.

"Dan membaca Al-Quran walaupun tidak mengerti isinya, tidak memahami maknanya, tidak apa-apa. Tetap dapat setiap satu huruf, sepuluh kebaikan," ujar Syekh Ali Jaber.

"Jadi kalau jamaah sekalian membaca, tidak paham sama sekali. Hanya baca. Tetap mendapatkan setiap satu huruf sepuluh kebaikan," jelas Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber bahkan menyebutkan bahwa sangat rugi orang yang tidak membaca Alquran setiap hari. Pasalnya, tidak ada amal ibadah lain yang menawarkan kebaikan dalam setiap huruf selain Alquran.

Baca Juga : Biografi Singkat Ismail Marzuki, Pencipta Lagu Hari Lebaran yang Melegenda hingga Menjadi Pahlawan Nasional

Lebih lanjut, Syekh Ali Jaber menegaskan bahwa seseorang yang sedang belajar membaca Alquran dan mengalami kesulitan tak perlu berkecil hati karena mendapatkan pahala yang berlipat berdasarkan sabda Rasulullah SAW.

"Tidak bisa baca Alquran karena alasannya masih buta huruf, atau terbata-bata. Jangan khawatir, ada berita gembira," ungkap Syekh Ali Jaber.

"Di hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang membaca Alquran dan dia mendapatkan kesusahan sampai terbata-bata dalam bacaannya," ucap Syekh Ali Jaber. 

Yang membaca Alquran masih terbata-bata dan mendapatkan kesulitan akan mendapatkan dua pahala. "Apa dapatnya? Apakah dosa karena terbata-bata? Kesulitan dalam membaca apakah itu dosa? Kata Rasul SAW tidak, itu dua pahala," cetus Syekh Ali Jaber.

Pahala yang pertama yaitu karena dia sudah membaca Alquran. Dan pahala kedua karena upaya dalam belajar membaca meski mengalami kesulitan dalam membaca Alquran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
baca alquran alquran

Berita Lainnya