Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Pengurus Baznas Gresik Dilantik, Ini Harapan Bupati Fandi Akhmad Yani

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Dede Nana

20 - Apr - 2022, 14:00

Placeholder
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani ketika melantik pengurus Baznas di Ruang Putri Cempo Kantor Bupati Gresik, Rabu (20/4/2022). (Foto : Syaifuddin Anam/JatimTimes).

JATIMTIMES - Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik periode 2022 - 2027 resmi dilantik oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, di Ruang Putri Cempo Kantor Bupati Gresik, Rabu (20/4/2022).

Pimpinan yang baru dilantik itu diantaranya, H. Muhammad Mujib Selaku Ketua, H. Mustoha, sebagai Wakil Ketua I, Dr. Riyadlotus Sholichah sebagai Wakil Ketua II dan Sholichudin Al Ayubi sebagai Wakil Ketua III, dan Dr. Hasan Basri selaku Wakil Ketua IV.

Baca Juga : Tingkatkan Keilmuan Agama para Anak Yatim dan Duafa, Ini yang Dilakukan Gencar Malang

Dalam kesempatan itu, Gus Yani-sapaan BUpati Gresik- menyampaikan, pengurus Baznas yang baru harus bisa memanfaatkan dan zakat untuk menanggulangi kemiskinan yang ada di Kabupaten Gresik.

"Zakat telah dijadikan sebagai sumber jaminan hak-hak fakir dan miskin sebagai bagian dari rukun Islam," ungkap Gus Yani.

Mantan Ketua DPRD Gresik itu juga menyebut, zakat mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan. Perannya dalam menanggulangi kesenjangan sosial.

"Zakat merupakan sumber pendanaan pembangunan kesejahteraan umat diluar dana APBN dan APBD. Jika dapat dioptimalkan, maka potensi dana Zakat dapat menjadi pelengkap agenda program penanggulangan kemiskinan dengan sinergi pada program pemerintah yang sedang dijalankan," katanya.

Pihaknya membuka pintu sinergi dan kolaborasi lebar-lebar untuk Baznas agar dapat bekerja bersama pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gresik.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Fasilitasi Warga Jatim Mudik Bareng Gratis ke-15 Kab/Kota Tujuan

"Kami berharap kepada jajaran pengurus Baznas yang dilantik hari ini untuk dapat mendesain program-program pendistribusian dan pendayagunaan secara terencana, termonitor, dan terukur," pungkasnya.

Dalam pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmaf Washil Miftahul Rachman, Ketua MUI KH. M Masoer Shodiq, Kepala Kemenag Gresik, H Sahid. serta jajaran kepala OPD di lingkungan Kabupaten Gresik.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Dede Nana