Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur, Kolesterol Teratasi Energi Auto Penuh | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur, Kolesterol Teratasi Energi Auto Penuh

Apr 19, 2022 09:04
Kurma (Foto: timesofindia.indiatimes.com)
Kurma (Foto: timesofindia.indiatimes.com)

JATIMTIMES - Sahur saat berpuasa bisa dikatakan sebagai pengganti sarapan. Karena sahur akan memberikan cadangan energi saat beraktivitas seharian. Oleh sebab itu, makanan yang dikonsumsi saat sahur harus memiliki gizi yang seimbang. Selain itu juga harus porsi yang cukup serta tidak berlebihan.

Agar sahur bisa mengkonsumsi menu yang tepat, maka ada beberapa rekomendasi makanan yang diberikan oleh dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar. Menurut dr. Zaidul Akbar, pilihan makanan saat sahur bisa dengan mengkonsumsi kurma dan beberapa buah lainnnya.

Baca Juga : Cara Daftar BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu Secara Online

Dikutip dari video di kanal YouTube Bisikan.com Selasa (19/4/2022), kurma punya kandungan nutrisi seperti zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

"Karena kurma itu mengandung fe atau besi, yang terikat dengan sempurna apalagi jika bertemu dengan vitamin c," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Sehingga sangat direkomendasikan saat makan kurma untuk ditambah dengan semangka dan jeruk, yang memiliki kandungan vitamin c.

"Selain itu, agar tulang-tulang bisa menjadi kuat setelah sahur bisa minum perasan jeruk nipis dan madu," tutur dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Presiden Jokowi Dijuluki "Bapak Ibu Kota Negara Nusantara" PKB: Hanya Dia yang Berani Pindah Ibu Kota

Untuk ibu hamil juga diperbolehkan jika ingin mengkonsumsi kurma walaupun mengandung zat besi. Menurutnya, kurma bisa dikonsumsi secara rutin. Akan tetapi tidak boleh berlebihan yaitu hanya 7 butir saja. Selain itu, untuk kebutuhan energinya, tubuh membutuhkan protein yang bisa didapatkan dari minyak zaitun.

Karena selain untuk mencukupi kebutuhan energi, minyak zaitun memiliki fungsi yang baik untuk jantung terutama dalam mengatasi kolesterol. Cara mengkonsumsi minyak zaitun yaitu sebelum tidur satu sendok makan, agar saat sahur tubuh kembali segar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbar buah kurma

Berita Lainnya