Jatim Times Network Logo
Politik

Nelayan Lamongan Dukung Erick Thohir Jadi Calon Presiden

17 - Apr - 2022, 08:10

Suasana nelayan pantura deklarasi Erick Thohir presiden. (foto: M. Nur Ali Zulfikar/JatimTIMES)
Suasana nelayan pantura deklarasi Erick Thohir presiden. (foto: M. Nur Ali Zulfikar/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ratusan nelayan di Pantura Kabupaten Lamongan menggelar deklarasi dukungan kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju menjadi calon presiden 2024 mendatang. Deklarasi dilakukan di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, Minggu (17/4/2022), sore.

Mereka menilai Erick memiliki kemampuan untuk memimpin bangsa Indonesia mengantikan Presiden Joko Widodo yang akan selesai memimpin pada  2024 mendatang.

Baca Juga : Ikut Lestarikan Bumi, Alfamart Apresiasi Kader Lingkungan Kota Malang

Koordinator Nelayan Lamongan Bersatu Nu'man Suhadi mengatakan di Lamongan sendiri terdapat 17 ribu nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut.  Mereka juga dihadapkan dengan ketidakpastian pendapatan tangkapan ikan. Sedangkan kebutuhan sehari-hari wajib mereka penuhi.

 Maka dari itu, dibutuhkan seorang pemimpin yang mampu memberikan solusi terbaik seperti memberikan bantuan permodalan maupun bantuan lunak melalui institusi non-formal semacam koprasi.

"Di sampingi itu kami para nelayan juga dihadapkan dengan kebutuhan operasional melaut nelayan berupa bahan bakar solar yang proses mendapatkannya memerlukan perjuangan yang tidak gampang. Maka dari itu, kami bersepakat bahwa pemimpin masa depan Indonesia yang memenuhi kriteria bisa memajukan dan menyejahterakan masyarakat pesisir dan nelayan adalah Erick Thohir," jelasnya.

Selain itu, Erick Thohir dinilai berhasil melakukan transformasi BUMN sehingga berhasil meningkat laba dan memberikan pemasukan bagi bangsa Indonesia. Tak hanya itu. Sosok Erick Thohir juga merupakan seorang calon pemimpin muda yang religius dan saling menghormati satu sama lain.

"Yang pertama kami dari perkumpulan nelayan Pantura Lamongan mendukung Pak Erick Thohir maju sebagai calon presiden menggantikan Presiden Joko Widodo yang akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2024 mendatang," katanya.

Baca Juga : Anggota DPRD Jatim Agus Yudha: Menambah atau Memperpendek Masa Jabatan Presiden Sama-Sama Bermasalah

Tak hanya menggelar deklarasi dukungan terhadap Erick Thohir. Ratusan nelayan di Lamongan tersebut juga menaburkan benih ikan di pesisir Laut Jawa sebanyak 50 ribu ekor. Tujuan tabur benih ikan sendiri untuk menjaga ekosistem alam laut yang ikannya hampir punah. 

Menurut  Suhadi, sebagai bangsa yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia yang mencapai 99.083 kilometer, sudah semestinya Indonesia menjadi bangsa yang makmur. Maka Indonesia juga membutuhkan pemimpin yang memiliki visi yang kuat dalam membangun ekonomi kemaritiman.

"Intinya Pak Erick Thohir kita anggap sebagai calon pemimpin bangsa Indonesia yang punya kepedulian atas nasib masyarakat pesisir dan nelayan yang tertindas karena kemiskinan, ketidakberdayaan, terasing, tersingkir dari pusaran roda ekonomi. Hal ini sudah dibuktikan saat beliau masih menjadi menteri BUMN. Banyak bantuan yang sudah kita rasakan," pungkasnya.


Topik

Politik


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :