01/02/2023 Siang Bolong, Tempat Penyulingan Daun Cengkeh di Pagerwojo Terbakar | Jatim TIMES

Siang Bolong, Tempat Penyulingan Daun Cengkeh di Pagerwojo Terbakar

Apr 17, 2022 16:28
Petugas Damkar saat di lokasi kebakaran. Minggu, 17/4/2022 siang. (Foto: Damkar for TulungagungTIMES)
Petugas Damkar saat di lokasi kebakaran. Minggu, 17/4/2022 siang. (Foto: Damkar for TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Sebuah pabrik atau tempat penyulingan daun cengkeh di Desa Segawe, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung mengalami kebakaran, Minggu (17/4/2022) siang.

Sontak warga setempat panik, karena tempat penyulingan daun cengkeh milik PN (inisial) itu berada di pinggir jalan Desa, dan api sempat membesar hingga membakar atap pabrik itu.

Baca Juga : Hikmah Puasa bagi Soekarno: Lolos dari Pembunuhan

Kepala Satpol PP Tulungagung, Wahiyd Masrur melalui Kabid Damkar Gatot Sunu Utomo mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran itu sekira pukul 13.35 WIB. Mendapat informasi masyarakat itu, petugas damkar langsung menuju ke TKK (Tempat Kejadian Kebakaran).

Ke lokasi kejadian, pihaknya menurunkan 1 armada damkar dan 1 armada tangki suplai. "Dari keterangan masyarakat, kebakaran terjadi sekira pukul 13.35 WIB. Dan skala kebakaran termasuk skala sedang," kata Gatot.

Dijelaskannya, penyebab kebakaran adalah dari cerobong asap tempat penyulingan daun cengkeh itu sendiri. Di lokasi tempat penyulingan ada tumpukan cengkeh kering yang belum dimasak, dan daun tersebut menempel di cerobong.

"Karena cerobongnya panas, daun yang menempel di cerobong terbakar dan api menjalar ke tumpukan daun kering di dekatnya (di samping cerobong; red)," jelasnya.

Baca Juga : Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Jalanan hingga Sekolah di Kota Malang Banjir

Atas kejadian kebakaran itu, tidak ada korban jiwa, dan kerugian materi dialami adalah daun cengkeh yang siap dimasak dan bangunan (atap). Saat di lokasi kejadian, petugas damkar juga dibantu tim Inafis Polres Tulungagung, Polsek Pagerwojo dan Pemdes Segawe.

Judul berita Siang Bolong, Tempat Penyulingan Daun Cengkeh di Pagerwojo Terbakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kebakaran kebakaran pabrik cengkeh

Berita Lainnya