01/02/2023 Hikmah Puasa bagi Soekarno: Lolos dari Pembunuhan | Jatim TIMES

Hikmah Puasa bagi Soekarno: Lolos dari Pembunuhan

Apr 17, 2022 10:16
Ir. Soekarno (instagram.com/@soekarno)
Ir. Soekarno (instagram.com/@soekarno)

Pewarta: Nila Maulida | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Ir. Soekarno selaku Presiden pertama Republik Indonesia disebut pernah menjadi target upaya pembunuhan. Namun, puasa yang sedang dijalaninya membuat Sukarno lolos dari upaya tersebut.

Cerita itu disampaikan oleh Puan Maharani Ketua DPR sekaligus cucu dari Sukarno. Menurut dia, Bung Karno memang berulangkali mendapatkan ancaman pembunuhan.

Baca Juga : Gus Muhaimin Jadi Presiden Bergema di Malam Nuzulul Qur'an, Kiai Anwar Zahid: Kita Do'akan Bareng

"Tapi, alhamdulillah Allah SWT berkehendak lain sehingga upaya-upaya itu selalu gagal," kata Puan dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022).

Salah satu yang Puan ingat ialah upaya pembunuhan pada bulan Ramadhan 1379 Hijriah ketika puasa masuk hari ke-11. Saat itu, tercatat pada tanggal 9 Maret 1960.

Puan menjelaskan bahwa pada siang itu, terjadi bombardir tembakan ke arah Istana, atau tepatnya di ruang makan.

Dari cerita tersebut diketahui bahwa Eks Menko PMK ini menuturkan teror yang dilancarkan oleh seorang pilot Angkatan Udara Daniel Alexander Maukar. Upaya itu dialamatkan untuk membunuh Ir. Soekarno  yang dikira sedang makan  siang.

Kendati demikian, Bung Karno justru sedang puasa sehingga tidak berada di ruang makan untuk melakukan makan siang. "Sehingga upaya pembunuhan itu hanya meninggalkan bekas lubang di dinding ruang makan Istana," kata Puan.

Baca Juga : Hasil Gelar Perkara, Kasus Korban Begal Jadi Tersangka Amaq Sinta, Akhirnya Dihentikan

"Itulah salah satu berkah puasa, berkah yang dikaruniakan Tuhan YME di bulan suci Ramadan yang dirasakan Bung Karno sehingga selamat dari upaya pembunuhan," kata Puan.

Puan pun mengajak seluruh umat muslim untuk menjalani bulan Ramadhan dengan aktivitas positif, produktif, untuk menyongsong masa depan Indonesia lebih baik.

Judul berita Hikmah Puasa bagi Soekarno: Lolos dari Pembunuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Soekarno upaya pembunuhan

Berita Lainnya