30/11/2022 Viral, Pria Tuna Wicara Asal Kota Malang Jalan Kaki dari Lampung hingga Cikarang, Diduga Ditipu Mandor Bangunan | Jatim TIMES

Viral, Pria Tuna Wicara Asal Kota Malang Jalan Kaki dari Lampung hingga Cikarang, Diduga Ditipu Mandor Bangunan

Apr 15, 2022 21:00
Pria asal Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang bernama Sutikno yang ditemukan dalam keadaan resah di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/4/2022). (Foto: Tangkapan layar instagram @bekasikepo)
Pria asal Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang bernama Sutikno yang ditemukan dalam keadaan resah di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/4/2022). (Foto: Tangkapan layar instagram @bekasikepo)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Viral sebuah video berdurasi lima menit pada akun instagram @bekasikepo menunjukkan seorang pria tuna wicara bernama Sutikno (39) asal RT 08/RW 05,Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang berada di kawasan Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

Dalam video viral tersebut, disebutkan bahwa Sutikno ditemukan dalam keadaan termenung dan tampak kelelahan di depan Kantor Desa Kalijaya, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (14/4/2022) siang. 

Baca Juga : Quranic Parenting, Pentingnya Membaca AlQuran untuk Perkembangan Neuro Cermin Anak

Sutikno yang tampak mengenakan kaos berwarna hitam, celana hitam, sandal jepit, peci abu-abu dan tas ransel tersebut ketika ditemui warga setempat sempat meneteskan air mata. Meskipun, sebagai tuna wicara, Sutikno masih bisa menulis. Hal itu yang membuat Sofyan yang menemukan Sutikno dapat memahami kondisi Sutikno saat ini. 

"Dia sudah jalan kaki selama 20 hari dari Lampung ke Bekasi, menurut beliau dia di sana kerja menjadi kuli bangunan dan diduga uangnya dibawa kabur mandornya," ujar Sofyan dalam video yang diunggah oleh akun instagram @bekasikepo, Kamis (14/4/2022). 

Selain diduga uang gajian Sutikno sebagai kuli bangunan di Lampung dibawa oleh mandornya, ketika berjalan kaki dari Lampung dan sampai di Jakarta, Sutikno sempat didatangi oleh orang tidak dikenal. "Uangnya yang sedikit serta dompetnya dirampas oleh orang tidak dikenal, hingga dia melaporkan ke Polres Metro Jakarta Pusat," ujarnya. 

Kemudian ketika warga setempat berniat membantu memberikan uang, Sutikno sempat menolak. Akhirnya menerima dan warga di sekitar Kantor Desa Kalijaya di mana Sutikno ditemukan termenung juga memberikan tiket bus dari Cikarang menuju Kota Bandung. 

"Sebelumnya mau ke stasiun tetapi tiket kereta Cikarang-Malang penuh dan adanya besok. Dia (Sutikno) maunya hari ini, akhirnya kita ke Terminal Cikarang untuk memberikan tiket Bus dari Cikarang ke Bandung," ujar Sofyan. 

Berbekal surat keterangan kepolisian dari Polres Metro Jakrta Pusat perihal bantuan orang terlantar dan tiket bus dari warga di sekitar Kantor Desa Kalijaya, akhirnya Sutikno menaiki Bus Primajasa jurusan Cikarang-Bandung. 

Baca Juga : SPBU di Kecamatan Lawang Satu-satunya di Malang Terapkan Sistem Self Service

"Nanti setelah sampai di Bandung atau kawasan Caringin, Pak Sutikno akan naik kendaraan lagi menuju Surabaya. Mudah-mudahan sampai tujuan dengan selamat," tutur Sofyan. 

Lebih lanjut, dalam keterangan singkat yang didapat oleh Sofyan melalui tulisan Sutikno, bahwa Sutikno memiliki istri bernama Soleha dan dikaruniai dua orang anak yang masih belia. Sebelumnya, dalam perjalanan 20 hari dari Lampung hingga Cikarang, Sutikno hanya bisa berpuasa. 

"Beliau hanya bisa berpuasa serta minum dari air di masjid. Saya sempat menghubungi rekan di tempat Pak Sutikno yang tinggal di Malang, saat ini sedang dicari alamat pihak keluarga Sutikno," pungkas Sofyan. 

Judul berita Viral, Pria Tuna Wicara Asal Kota Malang Jalan Kaki dari Lampung hingga Cikarang, Diduga Ditipu Mandor Bangunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Viral Kota Malang

Berita Lainnya