Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jelang Lebaran, Wali Kota Blitar Santoso Salurkan Bantuan Rastrada, Diawali di Kecamatan Sananwetan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Apr - 2022, 12:46

Placeholder
Wali Kota Blitar Santoso dan Ketua DPRD dr Syahrul Alim membagikan rastrada di Kelurahan Bendogerit. (Foto: Aunur Rofiq/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES- Pemerintah Kota Blitar mulai menyalurkan program beras kesejahteraan daerah (Rastrada). Penyaluran dilakukan dengan menyasar seluruh kelurahan secara bertahap. Perdana rastrada disalurkan di Kecamatan Sananwetan pada Selasa (12/4/2022).

Data yang dihimpun JATIMTIMES, di Kecamatan Sananwetan ada sebanyak 7 kelurahan yang hari ini mendapat penyaluran rastrada. Ketujuh kelurahan itu masing-masing Kelurahan Gedog, Bendogerit, Sananwetan, Klampok, Karangtengah, Plosokerep dan Rembang. Masing-masing penerima akan mendapatkan 40 kilogram beras yang merupakan alokasi bantuan empat bulan terakhir.

Baca Juga : Demo 12 April, 1.000 Mahasiswa di Malang Siap Geruduk Kawasan Balaikota Malang

 

‘’Hari ini awal penyaluran rastrada. Hari ini dibagikan di tujuh kelurahan di Kecamatan Sananwetan. Untuk Kelurahan Bendogerit sini ada 740 penerima rastrada,’’ kata Wali Kota Blitar Santoso ditemui awak media usai penyaluran rastrada di Kelurahan Bendogerit.

Santoso menambahkan, penyaluran rastrada tahap pertama tahun 2022 ditargetkan tuntas dalam waktu tiga hari. Setelah dari Kecamatan Sananwetan, selanjutnya rastrada akan dibagikan di Kecamatan Kepanjenkidul dan Kecamatan Sukorejo.

‘’Saya berharap rastrada segera terdistribusikan di tiga kecamatan di Kota Blitar. Sehingga program rastrada ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di saat menjalankan ibadah puasa. Insyaalah bantuan 40 kilogram beras per kepala keluarga ini cukup hingga hari raya kupatan,’’ tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Sad Sasminarti mengatakan di tahun 2022 ini ada sebanyak 10.814 keluarga kurang mampu di Kota Blitar yang mendapatkan bantuan rastrada.

‘’Bantuan rastrada ini memang diberikan setiap empat bulan sekali. Untuk tahap satu ini bantuan untuk bulan Januari, Februari, Maret dan April. Per bulan penerima mendapatan bantuan 10 kilogram beras. Total ada 432,56 ton beras yang dibagikan pada termin pertama sebelum lebaran 2022,’’ terangnya.

Baca Juga : Ramai-ramai Berbagai Pihak Kecam Pengeroyokan Ade Armando

 

Program rastrada terlaksana tak lepas dari dukungan penuh DPRD Kota Blitar. Ketua DPRD Kota Blitar, dr Syahrul Alim turun langsung membagikan rastrada bersama Wali Kota Blitar Santoso. Syahrul mengatakan pihaknya ikut turun langsung dalam pembagian rastrada sebagai bagian dari tugas DPRD dalam fungsi pengawasan.

‘’Kami optimalkan pengawasan. Selain pembagian hari ini, sebelumnya teman-teman dari Komisi II melakukan pengawasan di tempat penggilinganya, di gudangnya. Bahkan sampai ke laborat nya untuk dilakukan pemeriksaan lab. Ini upaya dan harapan kita agar beras yang disalurkan ke masyarakat benar-benar layak untuk dikonsumsi. Dan hasil dari pengawasan ini, beras rastrada yang disalurkan kualitasnya layak dan sama seperti yang saya dan pak wali konsumsi,’’ pungkas Syahrul.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni