Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner Menu Buka dan Sahur

Takjil Es Timun Serut, Cocok Untuk Diet dan Sempurnakan Kulit Cantikmu

Penulis : Nila Maulida - Editor : Dede Nana

12 - Apr - 2022, 09:57

Placeholder
Sumber gambar : tiktok.com/@eddriantjhia

JATIMTIMES - Es Timun Serut adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Es Timun Serut atau lebih dikenal “Le Boh Timon“ oleh masyarakat Aceh, merupakan sebuah minuman yang berbahan dasar dari sayuran timun.

Berbuka puasa dengan es serut akan menambah sensasi segar setelah berbuka. Ada sensasi dingin saat menggigit butir-butir serutan timunnya. Apalagi dengan tambahan lainnya seperti campuran selasih atau perasan jeruk nipis. 

Baca Juga : Para Model dari Limited Model Turun ke Jalan dan Bagikan Ini

Nah selain memberikan sensasi yang segar dan menghilangkan dahaga es timun serut ini juga kaya akan manfaat. Ada 6 manfaat mentimun untuk diet dan kulit cantik yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, membantu penurunan berat badan di mana mentimun mengandung 95 persen air dan rendah kalori, membantu mengurangi selulit, mengurangi stres dan menyehatkan kulit. 

Mentimun kaya akan ascorbic dan caffeic acid inilah yang berkhasiat mencegah penumpukan cairan di dalam kulit.

Berikut cara pembuatan es timun serut :

Kupas satu buah mentimun dan serut dagingnya. Dalam langkah pertama ini anda tidak perlu mengikutsertakan biji mentimun. Setelah itu, tambahkan perasaan lemon ke atas permukaan serutan timun.

Tuang es batu dan serutan timun ke dalam gelas kaca bening dan tambahkan beberapa iris jeruk nipis. Tuang jeruk sangkis yang telah dibuat minuman sebelumnya dan tambahkan sedikit air gula sesuai dengan selera. Aduk hingga semua bercampur menjadi rata. Es Timun Serut siap disajikan untuk berbuka puasa.


Topik

Kuliner



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nila Maulida

Editor

Dede Nana