Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tunjukkan Tren Positif, Kasus Aktif Covid-19 di Kabupaten Malang Terus Turun

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

08 - Apr - 2022, 20:09

Placeholder
Operasi prokes dan pembagian masker di sekitar Pasar Kepanjen.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang semakin menunjukkan tren positif. Jumlah kasus aktif per harinya terus menurun. Berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, kasus aktif di Kabupaten Malang hanya tinggal 33 kasus. 

Sementara dengan jumlah tersebut, saat ini Kabupaten Malang berada di peringkat ke 11 untuk jumlah kasus aktif Covid-19. Setelah sebelumnya, Kabupaten Malang berada di lima besar jumlah kasus aktif tertinggi, dan kondisi tersebut sempat bertahan selama beberapa pekan. 

Baca Juga : Komisi B DPRD Kota Malang Dorong Pemkot Malang Selesaikan Masalah 3 Pasar

Namun begitu, Pemkab Malang tidak ingin lengah. Artinya, penerapan protokol kesehatan diharapkan masih dilakukan oleh semua masyarakat. Untuk memastikan hal tersebut, Satgas Covid-19 Kabupaten Malang juga masih rutin menggelar operasi yang bertajuk penegakan prokes.

"Level 2 (PPKM) kita tetap operasi prokes. Lalu juga melakukan imbauan-imbauan (aplikasi) peduli lindungi. Selain itu kami juga membantu pengamanan percepatan vaksinasi," ujar Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang.

Sementara itu, di masa Bulan Ramadhan ini, ada sedikit perbedaan dalam operasi prokes yang digelar. Beberapa diantaranya adalah terkait waktu operasi dan titik-titik yang menjadi sasaran operasi. Dimana mendekati waktu berbuka puasa, dan dilakukan di lokasi yang kemungkinan menjadi tempat masyarakat untuk ngabuburit. 

"Tetap operasi prokes bersama TNI-Polri, cuma kita geser jamnya, dan memang di tempat-tempat ngabuburit itu yang kita laksanakan. Seperti di Pasar Takjil," terang Firmando. 

Dalam operasi tersebut, setidaknya ada 4 tim yang bertugas. Dan dibagi menjadi 2 tim bertugas di wilayah utara dan 2 tim lainnya di wilayah selatan. Sasarannya tetap untuk mengimbau masyarakat dalam memakai masker.

Baca Juga : 180 CPNS Pemkot Malang Resmi Diangkat, Wali Kota Sutiaji: Saat Ini Dibutuhkan Kinerja Profesional

"Kita juga bawa masker, yang tidak bawa masker langsung kita kasih. Tapi memang masyarakat ini banyak yang menganggap bahwa Covid-19 sudah hilang," pungkas Firmando. 

Sementara itu, pantauan di lapangan, beberapa titik di Kabupaten Malang yang kerap ditempati banyak pedagang saat menjelang buka puasa adalah seperti di sekitar Pasar Pakisaji, Stadion Kanjuruhan, simpang tiga Penarukan Kepanjen dan ada beberapa titik lainnya. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya