Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkot Malang Gelar Safari Ramadan, Wali Kota: Jalin Komunikasi dan Kembalikan Fungsi Masjid

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Apr - 2022, 08:26

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan ceramah usai Salat Tarawih di Masjid Fatimah yang terletak di Jalan Warinoi, Kota Malang, Rabu (6/4/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Menyambut Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menggelar kegiatan Safari Ramadan secara bergilir ke masjid-masjid yang ada di Kota Malang. 

Sebagai pembuka kegiatan Safari Ramadan tahun 2022, Pemkot Malang menggelarnya di Masjid Fatimah yang terletak di Jalan Simpang Warinoi, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Baca Juga : Kejari Kota Malang Periksa 11 Saksi Dugaan Kasus Korupsi RPH Kota Malang

Dalam Safari Ramadan kali ini, turut hadir Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Muhtar Hazawawi, Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Malang Sulaiman dan perangkat daerah lainnya. 

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Safari Ramadan yang digelar rutin tiap tahun ini juga menjadi ruang dan kesempatan bagi Pemkot Malang untuk menjalin komunikasi dengan para pengurus masjid, jamaah dan masyarakat luas. 

"Kegiatan Safari Ramadan selalu saya manfaatkan untuk menjalin komunikasi, silaturrahmi khususnya dengan para pengurus masjid dalam rangka mengembalikan dan memelihara fungsi masjid," ungkap Sutiaji, Rabu (6/4/2022).

Menurutnya, masjid merupakan media yang tepat bagi umat dalam melaksanakan berbagai aktivitas keagamaan. Selain itu, dengan perkembangan zaman di era modern seperti sekarang ini, yang harus disikapi yakni dengan kembali kepada nilai-nilai agama.

Wali Kota Malang Sutiaji menyerahkan bantuan.

Orang nomor satu di lingkup Pemkot Malang ini juga menyempatkan memberikan bantuan kepada 10 anak yatim piatu dari panti asuhan yang telah ditunjuk oleh pengurus Masjid Fatimah. Selain itu, Sutiaji juga menyerahkan bantuan operasional kepada pengurus Masjid Fatimah yang diambilkan dari Distribusi Bidang Dakwah dan Advokasi Baznas Kota Malang Tahun 2022. 

Alumnus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang ini memberikan penguatan-penguatan tentang nilai dan hakikat puasa dalam rangka menciptakan keseimbangan dalam kehidupan kepada para jamaah. 

"Manusia diperintahkan untuk berpuasa agar menjadi pribadi yang lebih bertaqwa. Semuanya dalam rangka menciptakan keseimbangan dunia dan akhirat dalam menjalani kehidupan," tutur Sutiaji. 

Baca Juga : Warganet Mengeluh Copet Beraksi di Bus Jurusan Malang-Blitar

Sementara itu, Sutiaji juga menyempatkan untuk berdialog dengan masyarakat terkait beberapa permasalahan lingkungan yang kerap kali terjadi. Salah satunya permasalahan banjir yang menjadi keluh kesah masyarakat di sekitar kawasan Jalan Simpang Warinoi, Kota Malang. 

Antusiasme masyarakat untuk berdialog dengan Sutiaji beserta jajaran perangkat daerah memberikan warna tersendiri dalam pelaksanaan kegiatan pembuka Safari Ramadan di Masjid Fatimah yang kemudian ditutup dengan meninjau beberapa fasilitas umum di sekitar masjid.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni

Pemerintahan

Artikel terkait di Pemerintahan