Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

301 Pelanggar Lalu Lintas Tertangkap Kamera ETLE di Kota Blitar, Ada Mobil Dinas Berpelat Merah

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

04 - Apr - 2022, 16:05

Placeholder
Polisi dari Satlantas Polres Blitar Kota memantau pelanggaran lalu lintas melalui ETLE

JATIMTIMES - Sebanyak 301 pelanggar lalu lintas di Kota Blitar tertangkap kamera tilang elektronik ETLE (electronic traffic law enforcement) selama masa sosialisasi yang dimulai sejak 1 April lalu. Ironisnya, dari 301 pelanggar tilang elektronik  tersebut, ada sejumlah mobil dinas berpelat merah yang tertangkap melanggar dengan menerobos traffic light.

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Mulya Sugiharto mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa tilang elektronik tidak pandang bulu dalam menindak pelanggar.

Baca Juga : Polres Blitar Kota Amankan Sopir Truk Pelaku Tabrak Lari di Kalipucung

"Jadi, di masa sosialisasi ini selama empat hari, kami mencatat 301 pelanggar lalu lintas. Dari jumlah tersebut, ada pula yang kendaraan dinas berpelat merah. Jadi, ini membuktikan bahwa diberlakukannya tilang elektronik tidak pandang bulu terhadap pelanggar," kata Mulya, Senin (4/4/2022).

Mulya menambahkan, pada tahap sosialisasi ini, pelanggar  hanya diberi teguran. Sementara sanksi kepada pelanggar baru akan diberlakukan sebulan pasca-sosialisasi.

"Sosialisasi minimal satu bulan. Nah, untuk pelanggar, kami kirimi surat namun sifatnya hanya teguran. Mereka belum dijerat sanksi tilang. Setelah satu bulan sosialisasi nanti, baru akan kena sanksi tilang," pungkasnya.

Diberitakan sebelmnya, tilang elektronik atau ETLE  diresmikan pada Senin 27 Desember 2021. Ada tiga titik yang sudah dipasang kamera pengawas untuk pemberlakuan tilang elektronik atau ETLE. Tiga titik tersebut yakni simpang 3 Herlingga, simpang 4 masjid Plosokerep, dan simpang 4 SPBU Pakunden.

Baca Juga : Bobol Gudang Gabah, Warga Kedamean Gresik Babak Belur Dimassa

Adanya tilang elektronik atau ETLE diharapkan dapat membantu mengurangi pelanggaran lalu lintas  dan meminimalisasi tindak kejahatan di jalanan. ETLE juga diharapkan dapat meminimalisasu  adanya praktik pertemuan langsung antara pelanggar dan petugas untuk meminimalisasi  praktik suap.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy