Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Musim Panen Ikan, Nelayan  Banyuwangi Malah Kesulitan Beli Solar

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2022, 16:05

Placeholder
Dwi Sasongko, Lurah Kampung Mandar yang juga tokoh masyarakat Kampung Ujung menimbang ikan hasil tangkapan nelayan. (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

JATIMTIMES - Musim  panen ikan tentunya disambut dengan suka cita oleh masyarakat nelayan. Namun sayangnya dalam beberapa waktu terakhir, nelayan tidak bisa melaut karena kesulitan mendapatkan solar bagi kapal-kapal mereka.

Menurut Dwi Sasongko, lurah Kampung Mandar, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, pihaknya sudah menerima langsung pengaduan kelompok nelayan khususnya mereka yang berasal dari Kampung Mandar.

Baca Juga : Manajemen Persik Kediri Mulai Jajaki Komunikasi Kontrak dengan Pemain, Termasuk Youssef Ezzejjari

“Kami sampai berupaya mencari di mana ada solar agar para nelayan bisa bekerja. Penyebabnya apa, kami juga belum tahu. Kalau memang membutuhkan rekomendasi dari kelurahan, saya siap membuatkan rekom agar mereka bisa mendapatkan solar dan bisa bekerja,” jelas Sasongko, yang juga tokoh masyarakat  di Lingkungan Kampung Ujung Banyuwangi pada Minggu (03/04/2022).

Dia menuturkan saat ini merupakan waktu besar-besarnya tangkapan ikan atau musim panen bagi nelayan . Bahkan beberapa hari lalu ada nelayan yang mampu mendapatkan ikan sekitar dua ton dalam waktu semalam.

“Bayangkan kalau nelayan lain mampu mendapatkan satu ton atau setengah ton bahkan dua kuintal? Pendapatannya lumayan. Tetapi kenyataan solarnya tidak ada sehingga tidak bisa bekerja. Ini kasihan. Kalau tidak musim panen ikan, nelayan tidak begitu banyak mengeluh kepada kelurahan,” imbuhnya.

Tujuan mereka mengeluh, lanjut Sasongko, agar pihak kelurahan menyampaikan  kepada pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi  maupun pusat untuk memberikan kejelasan faktor penyebab kelangkaan solar yang terjadi justru pada saat musim panen ikan bagi nelayan di Banyuwangi.

Dia menambahkan, sebagai lurah Kampung Mandar, sudah melakukan konfirmasi kepada SPBU yang ada di dekat Makodim 0825 Banyuwangi. Awalnya petugas meminta untuk dibuatkan rekomendasi dan sudah dibuatkan rekom khusus para nelayan. Namun setelah Pemerintah Kelurahan Kampung Mandar membuatkan rekomendasi, ternyata solarnya yang tidak ada.

Baca Juga : Dessert Sahur Praktis, Renyah dan Mengenyangkan

“Harapan kami dimana pada saat menjelang Idul Fitri solar sangat dibutuhkan oleh nelayan, khususnya yang ada di Kampung Mandar bisa segera diatasi karena dalam bulan-bulan ini pas musim panen ikan,” pungkas Sasongko.

Sementara saat wartawan media ini mencoba konfirmasi kepada petugas SPBU yang ada di dekat Makodim 0825 Banyuwangi. Salah seorang petugas  menyarankan untuk datang lagi besok menemui bagian yang berwenang memberikan jawaban.

Seperti diberitakan sebelumnya sudah sekitar dua minggu para nelayan yang biasa sandar di kawasan Pantai Boom, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, kesulitan untuk mendapatkan solar sehingga merasa kesulitan untuk mencari nafkah setiap hari.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy