06/12/2022 Bisa untuk Menu Ramadan, Resep Kesehatan Jantung ala Dokter Zaidul Akbar ini Patut Dicoba | Jatim TIMES

Bisa untuk Menu Ramadan, Resep Kesehatan Jantung ala Dokter Zaidul Akbar ini Patut Dicoba

Apr 01, 2022 08:24
Ilustrasi Rumput Laut. (Foto: pixabay)
Ilustrasi Rumput Laut. (Foto: pixabay)

Pewarta: Theresia Melania | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Dokter Zaidul Akbar, kembali mengungkap resep kesehatan bagi penderita penyakit jantung selama bulan Ramadan. Resep itu disampaikannya, melalui kanal Youtube Sobat Herbal. 

Penyakit jantung adalah suatu kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguannya pun ada berbagai macam, seperti gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung. Selain itu, penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh makanan yang kurang sehat.

Baca Juga : Haul Mbah Wali Ageng Kusumo di Makam Krapyak Tulungagung, Rutin Tiap Tahun

Bagi penderita penyakit jantung, dr Zaidul Akbar merekomendasikan beberapa resep yang perlu dikonsumsi secara rutin selama bulan Ramadan. Menurutnya, masalah jantung itu terjadi pengentalan darah arterinya yang tidak elastis. 

dr. Zaidul mengatakan jika mengalami penyakit jantung berarti itu perlu memakan makanan yang benar, maka kembalikan ke konsep makanan yang bisa menguatkan itu. 

“Jantung itu terjadi perlemakan salah satunya karena serat yang kurang, maka serat dan perlemakan tadi kita ganti dengan serat dan perlemakan yang bagus. Kalau anda penderita jantung saya lebih menyarankan coba minum santan saja. Seperempat kelapa parut itu cukup, kemudian di peras lalu bisa ditambahkan air hangat sedikit, tambahkan madu sedikit. Insya Allah akan sangat bagus buat jantung, makan kelapa juga bagus buat jantung,” tuturnya.

Dia juga mengatakan jika menginginkan pola lain, maka bisa mengonsumsi VCO karena bagus untuk jantung. Selain itu, bisa mengonsumsi kolang-kaling, rumput laut, dan cincau.

Baca Juga : Haul Mbah Wali Ageng Kusumo di Makam Krapyak Tulungagung, Rutin Tiap Tahun

“Seratnya dari mana? Ya banyaklah bulan Ramadan kan bulan kolang-kaling dan bulannya rumput laut dan itu kan serat semua, termasuk bulan cincau. Jadi kalau bisa Ramadan itu anda konsumsi lebih banyak kolang-kaling, rumput laut, dan cincau. Tetapi bukan cincau yang sudah campur-campur gula tetapi cincau tawar. Itu bisa dibuatkan nanti dan dimasukkan ke dalam air jahe yang hangat masukkan kolang-kaling, masukkin rumput laut, masukkin cincau. Makannya setiap hari itu sangat baik membersihkan jantung,” bebernya.

Di samping itu, dr Zaidul juga menyarankan bagi penderita jantung agar menghindari makanan-makanan yang kurang sehat. “Minyak-minyakan, tepung-tepungan, gula, atau semua makanan yang digoreng  itu coba distop di bulan Ramadan. Panduannya kurangi lemak yang tidak sehat makan lemak yang sehat bagi penderita jantung. Contoh lemaknya alpukat, minyak zaitun, dan VCO. Usahakan di bulan Ramadan tidak lepas. Kemudian makan makanan yang tinggi karbohidrat, tetapi miskin serat misalnya, nasi bisa anda ganti dengan singkong dan buah yang organik bebas pestisida,” tandasnya.

Judul berita Bisa untuk Menu Ramadan, Resep Kesehatan Jantung ala Dokter Zaidul Akbar ini Patut Dicoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
penderita jantung dr zaidul akbar

Berita Lainnya