Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

HPN dan HUT PWI ke-76, PWI Bondowoso Gelar Donor Darah

Penulis : Abror Rosi - Editor : Pipit Anggraeni

31 - Mar - 2022, 15:40

Placeholder
Salah seorang peserta donor darah (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menggelar bakti sosial donor darah, di Sekretariat PWI setempat, Jalan Zainal Arifin no 2 Kauman, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pers Nasional Tahun 2022 (HPN ke-37), dan HUT ke-76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Baca Juga : Cerita Mistis Lokasi Syuting Rumah Suzzana Beranak dalam Kubur

Baksos yang digelar setiap tahun ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kabupaten Bondowoso.

Ketua PWI Kabupaten Bondowoso, Haryono mengatakan, HPN yang diperingati sejak tahun 1985 ini tepatnya jatuh setiap Tanggal 9 Februari.

Menurutnya, puncak perayaan HPN 2022 secara nasional berlangsung di Kendari Sulawesi Tenggara pada 9 Februari 2022 lalu. 

Ada tiga tujuan penyelenggaraan HPN, yaitu berkontribusi kepada pembangunan di daerah, menyuarakan kepentingan nasional, dan membahas isu-isu strategis terkait kehidupan pers nasional.

"Oleh karena itu, salah satu kontribusi untuk pembangunan daerah. Kami PWI Bondowoso menggelar baksos donor darah ini," kata dia saat dikonfirmasi.

Di samping itu kata Haryono, tentu sudah menjadi keharusan bagi PWI untuk menyuarakan kepentingan publik melalui produk jurnalistik.

"Kami tetap bersikap kritis, dalam rangka kemaslahatan bersama. Tentu tak cukup di situ, kami juga siap membantu di luar tugas kami sebagai insan pers. Salah satunya seperti baksos ini," jelas dia.

Jurnalis Harian Duta Masyarakat ini mengungkapkan, bahwa PWI Bondowoso rutin menggelar baksos donor darah setiap tahun. 

"Di momen HPN 2020 lalu kita juga sukses menggelar donor darah. Pada tahun 2021 tidak bisa melaksanakan karena masih kondisi kedaruratan Covid-19. Baru tahun ini bisa melaksanakan lagi setelah pandemi mereda," ungkapnya.

Baca Juga : Video Musik Bertajuk Malang Bangkit, Kado Spesial untuk HUT Kota Malang ke-108 Tahun

Pihaknya menargetkan, pada kegiatan ini bisa terkumpul minimal 100 kantong darah. Mengingat permintaan darah dari rumah sakit di Bondowoso bulan kemarin sempat meningkat, karena kasus demam berdarah.

"Maka kami semaksimal mungkin menginformasikan kegiatan ini kepada mitra kerja PWI, dan masyarakat secara luas. Termasuk melalui platform media sosial" jelas Ketua PWI Bondowoso dua periode ini.

Baksos donor darah ini digelar sebagai salah satu wujud, bahwa insan pers khususnya anggota PWI juga memiliki jiwa gotong royong di luar tugasnya sebagai jurnalis. Selain itu juga dalam rangka membantu ketersediaan stok darah di Bondowoso.

"Karena setetes sumbangan darah kita akan sangat berguna bagi keselamatan jiwa seseorang," paparnya.

Adapun ketersediaan darah di UTD PMI Bondowoso per tanggal 30 Maret sebanyak 243. Dengan rincian golongan A sebanyak 67; golongan B 32; golongan AB 17; dan golongan O 127. 

Selain baksos donor darah, PWI Bondowoso juga berencana menggelar baksos penyaluran sembako dan minyak goreng, doa bersama bupati dan khotmil Qur'an dalam momentum HPN 2022 ini.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Pipit Anggraeni