Update Terkini Bencana Puting Beliung di Desa Sumberasri Blitar, 42 Rumah Dilaporkan Rusak | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Update Terkini Bencana Puting Beliung di Desa Sumberasri Blitar, 42 Rumah Dilaporkan Rusak

Mar 29, 2022 12:35
Petugas gabungan dan warga Dusun Gambar Anyar gotong royong memperbaiki rumah yang rusak akibat puting beliung
Petugas gabungan dan warga Dusun Gambar Anyar gotong royong memperbaiki rumah yang rusak akibat puting beliung

JATIMTIMES - Hujan deras disertai angin kencang memorak-porandakan bangunan rumah di Dusun Gambar Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Terakhir berdasarkan data BPBD KabupatenBlitar, jumlah kerusakan rumah terus bertambah. Terkini dilaporkan ada 42 rumah dan sebuah pabrik mengalami kerusakan. 

Informasi yang dihimpun JATIMTIMES, rata-rata kerusakan menimpa bagian atap rumah. Genteng dan seng beterbangan saat hujan deras dan angin kencang melanda pada Senin (28/3/2022) sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca Juga : Satu Pekan Hilang Tenggelam di Sungai Brantas, Bocah 8 Tahun Asal Blitar Belum Ditemukan

"Jumlah rumah yang rusak saat ini 42 unit. Rata-rata rumah mengalami kerusakan di bagian atap," kata Kepala Desa Sumber Asri, Seniadi, Selasa (29/3/2022).

Sehari pasca-kejadian,  pihak desa bersama TNI-Polri dan BPBD turun langsung ke lokasi kejadian membantu warga untuk memperbaiki rumah warga yang rusak. Pemerintah desa juga telah melaporkan kerusakan ke BPBD untuk mendapatkan bantuan perbaikan. ‘’Terkait dengan kerusakan rumah kami sudah melaporkan ke BPBD,’’ terang Seniadi.

Lebih dalam Seniadi menyampaikan, selain di Dusun Gambar Anyar pihaknya hingga berita ini ditulis tidak menerima laporan adanya kerusakan di dusun lain di Desa Sumberasri.

"Sejauh ini laporan kerusakan hanya satu dusun karena mungkin lokasinya kan yang paling tinggi. Untuk dusun lain tidak ada laporan kerusakan meski sama-sama diterjang hujan dan angin kencang," tukasnya.

Baca Juga : Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak 30 Rumah dan Sebuah Pabrik di Blitar

Sementara Sekretaris BPBD Kabupaten Blitar Wahyudi mengatakan, pihaknya sudah melakukan asesmen  dan melakukan penanganan langsung di lapangan dengan  membersihkan lokasi yang terdampak bencana putting beliung di Dusun Gambar Anyar.

"Jenis kerusakan akibat bencana puting beliung di Dusun Gambar Anyar terus kami update," pungkas Wahyudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bencana di Blitar Angin Puting Beliung

Berita Lainnya