2 Resep Atasi "Usus Bocor" Asam Lambung saat Puasa Ramadan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

2 Resep Atasi "Usus Bocor" Asam Lambung saat Puasa Ramadan

Mar 29, 2022 07:39
Air tajin (foto: istimewa)
Air tajin (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pakar herbal sekaligus penceramah, dokter Zaidul Akbar, kembali membagi resep bagi para penderita leaky gut asam lambung dalam menjalankan puasa selama bulan Ramadan. Resep itu disampaikan  Zaidul melalui kanal YouTube-nya Sabtu 26 Maret 2022.

Tetapi, apa yang dimaksud leaky gut? Leaky gut  mendeskripsikan kondisi dinding usus yang rapat mengalami kebocoran yang sangat kecil sehingga dapat ditembus atau dilewati oleh mikroorganisme seperti bakteri dan zat racun yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

Baca Juga : Sambut Kemilau HUT ke-33 Tahun, FIFGROUP Ajak Milenial Untuk Kritis & Kreatif di Era Disrupsi Digital Lewat Webinar

Sedangkan asam lambung adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati dan mulas pada area dada bagian bawah.

Bagi penderita leaky gut asam lambung,  Zaidul merekomendasikan dua resep yang perlu dikonsumsi secara rutin selama bulan Ramadan. Yang pertama itu air tajin. Tetapi jangan ambil tajin dari beras yang ada pestisidanya. Ambil dari beras-beras yang non-pestisida. 

"Air tajinnya diminum waktu sahur dan berbuka. Boleh ditambahkan madu, boleh air jahe, dan juga konsumsi makanan-makanan yang tinggi amillum seperti alpukat atau ubi-ubian,” ujarnya.

Zaidul juga menyarankan agar mengonsumsi ubi-ubian atau kentang dimakan sekaligus dengan kulitnya.

Lebih lanjut, Zaidul membagikan resep kedua yang perlu dikonsumsi oleh penderita leaky gut asam lambung, yakni  gamat hewan yang bertekstur lunak.

Baca Juga : Sambut Ramadan 1443H, Puluhan Komunitas Gelar Bersih Pantai Pantura Kabupaten Tuban

“Ada juga satu herbal yang bisa dikonsumsi, yaitu gamat atau timun laut atau teripang. Itu bisa dikonsumsi selama berbuka dan sahur karena itu sangat-sangat membantu leaky gut,” bebernya.

Terakhir Zaidul juga menyarankan untuk mengonsumsi rempah-rempah yang bersifat hangat yang dapat membantu memperbaiki leaky gut. Di antaranya perbanyak konsumsi  rempah-rempah, terutama rempah-rempah yang sifatnya hangat untuk memperbaiki leaky gut.

"Leaky gut itu kan usus bocor. Usus bocor itu karena apa? Ya karena ada toksin yang masuk. Jadi, pola makan diperbaiki dengan makan kurma,  madu,  rempah-rempah rimpang yang sifatnya hangat seperti jahe, serai, lengkuas, atau kayu manis. Insya Allah sangat membantu untuk memperbaiki leaky gut. Karena leaky gut salah satu yang saya pahami pencernaan kekurangan mineral dan  mikro-mikro mineral itu memang adanya pada rempah-rempah,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Leaky gut asam lambung

Berita Lainnya