04/12/2022 Perebutan Kursi Sekda, Bupati Salwa Jatuhkan Pilihan ke Bambang Soekwanto | Jatim TIMES

Perebutan Kursi Sekda, Bupati Salwa Jatuhkan Pilihan ke Bambang Soekwanto

Mar 24, 2022 14:59
Prosesi pelantikan Sekretaris Daerah (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Prosesi pelantikan Sekretaris Daerah (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

Pewarta: Abror Rosi | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Bupati Bondowoso Salwa Arifin menjatuhkan pilihannya kepada Bambang Soekwanto untuk menduduki kursi Sekretaris Daerah. Bambang telah diambil sumpah jabatannya oleh bupati di Pendapa, Kamis (24/3/2022). 

Dua kompetitornya yang masuk tiga besar seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama, yakni Muhammad Asnawi Sabil Kepala BKPSDM Bondowoso dan Sigit Purnomo Kepala Diskoperindag Bondowoso harus menerima keputusan Bupati Salwa. 

Baca Juga : Realisasi Program Visi Misi Pemkab Tulungaggung 2018-2023 Dibeber Bupati

Usai prosesi pelantikan, Salwa menegaskan kepada Bambang bahwa dirinya harus mampu menerjemahkan visi-misi bupati dalam proses pembangunan. Mengingat posisinya sebagai tumpuan penggerak birokrasi. 

"Sekda ini posisi yang sangat strategis, karena disebut tangan kanan bupati meski secara fungsional bertanggung jawab penuh pada bupati dan wakil bupati," tegasnya. 

Salwa meminta Bambang agar benar-benar menjaga marwahnya sebagai tangan kanan bupati. Mampu menyelesaikan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai penebus atas kepercayaan yang telah diberikan. 

"Serta harus mampu membaca dinamika yang berkembang di masyarakat. Mampu membaca situasi dan menentukan langkah-langkah taktis dan strategis," harapnya. 

Salwa juga berpesan agar Bambang bisa menjadi motivator, baik bagi Kepala OPD dan masyarakat. Di akhir pesannya, Salwa mengucapkan selamat bekerja dalam rangka mewujudkan Bondowoso 'Melesat'. Yakni Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Adil dan Terdepan dalam Bingkai Iman dan Taqwa. .

Sementara Sekertaris Daerah Bondowoso Bambang Soekwanto menegaskan, dalam bekerja dirinya akan senantiasa atas petunjuk bupati dan secepatnya mengerjakan pekerjaan rumah yang telah menanti. Seperti keterlambatan honor perangkat desa dan honor pegawai K2. 

Baca Juga : Gercep, PUPR Jombang Respon Perintah Bupati Perbaiki Jalan Rusak di Pasar

"Nanti saya akan memanggil perangkat terkait, apa yang menjadi kendala. InsyaAllah segera mungkin dalam waktu sesingkat-singkatnya," pungkas Bambang. 

Untuk informasi, Bambang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso. Tetapi Bambang Soekwanto akhirnya dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Bondowoso di awal pemerintahan Bupati Salwa Arifin-Irwan Bachtiar Rahmat.

Kemudian pada 2019, Bambang mengikuti seleksi terbuka di Kabupaten Lumajang. Akhirnya ia terpilih menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Setelah 2 tahun sebagai Kepala Disparbud Lumajang, 2021 dirinya dimutasi oleh Bupati Thoriqul Haq menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

2022 Bambang Soekwanto kemudian mengikuti seleksi jabatan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso dan masuk dalam 3 besar kandidat calon Sekda definitif. Hingga akhirnya ia terpilih menjadi Sekda Definitif. 

Judul berita Perebutan Kursi Sekda, Bupati Salwa Jatuhkan Pilihan ke Bambang Soekwanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bupati Bondowoso Sekda Bondowoso

Berita Lainnya