04/12/2022 Luhut  Buka Kejurda Atletik Jatim 2022 di Banyuwangi,  Bakal Kerja Sama dengan Freeport | Jatim TIMES

Luhut Buka Kejurda Atletik Jatim 2022 di Banyuwangi, Bakal Kerja Sama dengan Freeport

Mar 19, 2022 19:17
Luhut Binsar Pandjaitan, ketua umum PB PASI, saat memberangkatkan lomba lari estafet 4  x 100 putra di lapangan atletik GOR Tawangalun Banyuwangi. (Nurhadi/Jatim Times)
Luhut Binsar Pandjaitan, ketua umum PB PASI, saat memberangkatkan lomba lari estafet 4 x 100 putra di lapangan atletik GOR Tawangalun Banyuwangi. (Nurhadi/Jatim Times)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES- Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Luhut Binsar Pandjaitan membuka secara resmi Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Jawa Timur (Jatim) Tahun 2022. Pembukaan itu ditandai pemberangkatan  atau start lomba lari estafet 4 x  100 meter putra di lapangan atletik GOR Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (19/03/2022).

Kepada sejumlah wartawan, Luhut mengungkapkan dalam upaya meningkatkan mutu dan kualtias para atlet, PB PASI berupaya mendatangkan pelatih berkualitas dari negara-negara yang dikenal kuat dalam  cabang olahraga (cabor) atletik seperti Jamaika dan Tiongkok untuk nomor lari cepat dan pelatih jarak jauh dari negara Afrika seperti  Kenya dan Ethiopia.

Baca Juga : Viral Aksi Pawang Hujan Kepercayaan Erick Thohir, Begini Kondisi Terkini di Mandalika

 

Menurut dia, untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembinaan dan peningkatan prestas, PB PASI  akan membangun stadion atletik di Pengalengan, Jawa Barat,  yang memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter.

Kemudian, pemusatan latihan atau training centre (TC) akan dilakukan stadion di Timika bekerja sama dengan PT Freepot yang memiliki sarana dan fasiltas latihan yang cukup memadai. Pihak Freeport juga menyiapkan pesawat yang digunakan mengirimkan atlet mengikuti kejuaraan.

“Untuk memasifkan, kami mengharapkan kejuaraan  atletik  dibuat  kejuaraan yang terbuka (open) agar bisa lebih banyak dan luas yang bertanding. Sehingga siapa saja yang mau bertanding disilakan. Nanti hadiahnya pengurus yang menyiapkan,” jelas Luhut.

 Selanjutnya dia menuturkan, dengan sinergi dan kolaborasi antarsemua elemen, PASI menginginkan Indonesia mampu melahirkan atlet yang mampu juara di tingkat Asia seperti beberapa tahun lalu.

Sedangkan untuk SEA Games yang merupakan even internasional terdekat, PB PASI tidak terlalu banyak berharap karena pandemi covid 19 mengakibatkan persiapan dan latihan atlet  kurang.

Sementara Nurhasan, ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI Jawa Timur (Jatim) mengungkapkan Kejurda Atletik Jatim Tahun 2022 yang digelar di Banyuwangi merupakan upaya untuk membangkitkan kembali kejuaraan atletik setelah sekitar dua tahun vakum karena pendemi covid 19.

Baca Juga : Menyongsong Hari Jadi Kabupaten Kediri, Mas Dhito: Ayo Bangkit Bersama

 

“ Untuk kejurda Jatim sendiri, kita kan lama tidak ada kegiatan kita coba apresiasi kegiatan ini. Ternyata luar biasa jumlah peserta yang hadir, lebih dari 500. Kita akan evaluasi dalam rapat kerja (raker) yang akan dilaksanakan malam ini untuk menyusun progam kerja PASI yang lebih baik,” jelas Nurhasan.

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu melanjutkan,  tahun ini Unesa bersama dengan DBL diminta oleh Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI untuk mengawal atlet-atlet potensial yang berusia 13-14 tahun guna persiapan olimpiade.

“Ada sepuluh sentra, salahs atunya Unesa, yang sudah siap dan kemarin sudah disupervisi serta dievaluasi oleh Kemenpora. Kami berupaya menyusun formula terbaik karena ada 46 nomor yang dilombakan dalam PON. Kami yakin kalau fokus dan berani menentukan sikap, tidak ke sana kemari,  ini gampang sebenarnya karena ini olahraga yang terukur kalau sistematis dan melakukan dengan baik,” pungkas Nurhasan.

 

Judul berita Luhut Buka Kejurda Atletik Jatim 2022 di Banyuwangi, Bakal Kerja Sama dengan Freeport.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kejurda Atletik Jatim 2022 Luhut Binsar Pandjaitan

Berita Lainnya