Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Camat Banyuwangi Yakin Perguruan Silat Mampu Berpartisipasi Membangun Banyuwangi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - Mar - 2022, 18:11

Placeholder
Suasana pertemuan Camat Forpimka Kota Banyuwangi, tokoh masyarakat dan perwakilan perguruan silat di ruang pertemuan lantai II Kecamatan Kota Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi/ JatimTIMES)

JATIMTIMES – Tokoh masyarakat dan perguruan silat (PS) yang ada di Kecamatan Banyuwangi sepakat menjaga kondusifitas dan menciptakan keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya.

Hal itu ditandai dengan pembacaan deklarasi damai dan penandatanganan Kesepakatan Bersama antar Perguruan Silat di Ruang Pertemuan Lantai II Kantor Camat Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi pada Jum'at (18/03/2022).

Baca Juga : Ketua Perguruan Pencak Silat Kumpul di Polsek Karanganyar, Ada Apa?

Menurut Danisworo, Camat Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi, pihaknya mengucapkan terimakasih atas kedatangan Forpimka Banyuwangi, tokoh-tokoh agama dan para utusan perguruan silat yang ada di Kecamatan Banyuwangi.

Dia menuturkan pertemuan yang digelar sebagai upaya untuk menciptakan situasi aman dan nyaman di wilayah Kecamatan Banyuwangi. Kemudian bisa hidup rukun dan tidak ada bentrokan. Sedangkan apabila terjadi permasalahan hukum semua pihak diharapkan percaya dan menyerahkan penyelesaiannya  kepada aparat penegak hukum.

“Masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan adanya informasi yang beredar di media sosial yang tidak diketahui sumber berita maupun akurasi kebenarannya yang terkadang dapat memicu bentrok antar perguruan maupun dengan masyarakat di sekitar,” jelas Danis.

Untuk lebih mendekatkan hubungan antar anggota perguruan silat yang ada bisa dibangun dengan mengadakan latihan bersama. Kemudian sekali waktu ada kegiatan sosial yang melibatkan semua perguruan silat yang ada di Kecamatan Banyuwangi.

“Karena semua perguruan silat mempunyai ilmu beladiri yang ke depan perlu membela orang yang lemah, anak-anak, perempuan dan orang miskin bukan hanya membela dari segala bentuk kejahatan tetapi juga memerangi kemiskinan dan kebodohan. Kami yakin teman-teman perguruan silat bisa dan mampu melakukan hal positif dalam membangun Banyuwangi,” pungkas Alumnus Fisip Universitas Jember itu.

Sementara Kompol Kusmin, Kapolsek Banyuwangi, menuturkan pihaknya mengajak semua elemen untuk bersama-sama menciptakan situasiasi nyaman, kondusif dan seduluran selawase untuk mewujudkan Kamtibmas dengan saling menjaga di wilayah Kecamatan Banyuwangi.

Dia berharap kejadian gesekan antar perguruan silat di Kecamatan Bangorejo tidak terjadi di Kecamatan Banyuwangi. “Mari kita ciptakan hidup rukun antar perguruan silat khususnya yang ada di Kecamatan Banyuwangi dengan menjalin silahturahmi yang penuh kekeluargaan. Apabila ada permasalahan mohon segera dilaporkan sehingga aparat setempat bisa segera berkoordinasi dan melaksakan upaya pencegahan,” jelas Kompol Kusmin.

Baca Juga : 159 CPNS Pemkab Tulungagung Terima SK, Ini Pesan Bupati

Hadir dalam pembacaan deklarasi damai dan penandatanganan kesepakatan bersama antar perguruan silat di Kecamatan Banyuwangi adalah; Camat Banyuwangi, Kapolsek Banyuwangi, Perwakilan Danramil 0925/01 Banyuwangi, Hidayaturahman, Sekretaris IPSI Banyuwangi, Haikal (MWC NU Banyuwangi), H. Adi Sucipto (Muhammadiyah), Misdi Ngadiman (PC LDII Banyuwangi) dan H. Nano Hermawan (FKUB Banyuwangi).

Sedangkan perguruan silat yang hadir; PSHT, Pagar Nusa, Persinas ASAD, Tapak Suci, Suaka Pasung Laksa (SPL), Panca Bela, Merpati Putih, Macan Putih, Perisai Diri dan Kujang Pajajaran.

Adapun deklarasi damai dan kesepakatan bersama antar perguruan silat se Kecamatan Banyuwangi yang dibacakan dan ditandatangani adalah; (1) Menjaga dan memelihara kondusifitas kamtibmas dalam mewujudkan JOGO BANYUWANGI, (2) Senantiasa menumbuhkembangkan nilai-nilai persaudaraan antar sesama warga perguruan silat dan masyarakat dan (3) Sanggup melakukan pembinaan serta pengawasan kepada anggota perguruan silat agar menghindari segala bentuk konflik atau bentrok fisik baik antar internal maupun eksternal perguruan silat.

Kemudian (4) Sanggup memberitahukan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan kepada aparat keamanan setempat (5) Sanggup menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum apabila terjadi permasalahan dan tidak melakukan pergerakan massa, dan (6) Sanggup berprestasi dalam mendukung olahraga pencak silat di wilayah kecamatan dan berpartisipasi aktif menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif di wilayah Banyuwangi serta ( 7) Pemberdayaan PAMTER dan melibatkan FORPIMKA dalam segala kegiatan masing-masing perguruan pencak silat untuk menjaga kondusifitas.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni