Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa Sunan Bonang Kampanye Rumah Pangan Lestari

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : A Yahya

06 - Mar - 2022, 17:42

Placeholder
Kegiatan Mahasiswa Universitas Sunan Bonang (USB) Kabupaten Tuban pada pengabdian Masyarakat di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban (06/3/2022) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Mahasiswa Universitas Sunan Bonang (USB) Kabupaten Tuban memberikan dukungan pemberdayaan Ibu - Ibu PKK terhadap potensi pekarangan di perdesaan. Salah satunya dengan membangun Rumah Pangan Lestari (RPL) sebagai program pemanfaatan pekarangan intensif untuk kebun mini. Fungsinya  untuk menyediakan pangan, apotik hidup, sumber dapur bahkan sarana olahraga bagi keluarga.

Alasan Mahasiswa dalam melaksanakan KKN USB Tuban dengan dosen Pembimbing lapangan di Desa Tuwiri Wetan Dhina Mustikaningrum, mengatakan, bahwa program RPL ini digalakkan pemerintah sejak tahun 2015 lalu. Namun belum berjalan dengan baik. Pasalnya, di tingkat lokal kecamatan - kecamatan belum berkembang sama seperti di Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. 

Baca Juga : Menyongsong Satu Abad NU, Menko Airlangga Sampaikan Peran Penting dan Strategis NU bagi Bangsa Indonesia

"Banyak Potensi lahan pekarangan yang bisa di manfaatkan untuk kebun mini. Kurangnya maksimal pengerjaan di tahun-tahun lalu, menjadi lahan pekarangan luas tetapi masih kurang prospek di olah," ujar Dhina sebagai dosen lapangan, Minggu (06/2/2022) 

Dhina menambahkan selanjutnya 3 Mahasiswa Fakultas pertanian yang menjadi bagian kelompok peserta KKN USB ikut berbagi informasi kepada anggota PKK terkait RPL.

"Anggota PKK jadi mitra pelaksanaan sosialisasi RPL. Sebab, ibu rumah tangga umumnya menjadi pengelola pekarangan di tingkat keluarga," tambahnya 

Tidak hanya paparan, sosialisasi juga di isi praktik pembuatan mikroorganisme lokal dengan bahan dasar nasi basi, pembuatan pupuk organik limbah ternak dan air cucian beras. "Potensi-potensi lokal ini bagi peserta sangat menarik karena mudah didapat dan tersedia di rumah," jelasnya 

Sementara ketua tim penggerak PKK Desa Tuwiri Wetan, Siti Munasa’ah mengapresiasi kegiatan Mahasiswa yang sejalan dengan program PKK yakni adanya pemberdayaan lewat pelatihan pembuatan pupuk organik beberapa kali diterima anggota PKK, Meskipun belum optimal dipraktikkan semua peserta. 

"Sosialisasi RPL ini menjadi kesempatan ibu - ibu untuk mengingat kembali, PKK bisa membuat pupuk sendiri dan memanfaatkannya untuk menanam di pekarangan maupun di sawah," kata Siti Munasa'ah

Baca Juga : BPOM Temukan Kopi Mengandung Viagra, Begini Faktanya

Dia juga berharap ke depan pembuatan pupuk tersebut juga bisa menyasar kelompok tani. Selain asa itu, di akhir kegiatan Mahasiswa KKN USB membagikan bibit tanaman sumber dapur seperti cabai, terong, dan tomat serta pohon buah yakni jambu dan nangka kepada peserta.

Bibit-bibit tersebut di harap dapat ditanam di lahan pekarangan. “ibu ibu PKK dapat memanfaatkan pupuk yang kita buat dari potensi lokal tadi untuk mendukung pertumbuhan tanaman-tanaman sumber dapur ini di pekarangan," jelas koordinator tim sosialisasi mahasiswa KKN USB Vionita Tri Erida kepada peserta PKK desa. 

Vio sapaan pendek Vionita Tri Erida menyebutkan, dari pelaksanan KKN sebagai sarana mahasiswa berbagi ilmu pengetahuan yang didapatkan dari dunia kampus kepada masyarakat. “KKN ini bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Penyuluhan atau sosialisasi RPL ini menjadi wadah mahasiswa dalam menyebarluaskan Ilmu pengetahuan," tutupnya.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

A Yahya