Dicairkan Tunai Lewat PT Pos, Klaim Mensos Risma: 2021 Banyak Transaksi Terlambat oleh Himbara | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dicairkan Tunai Lewat PT Pos, Klaim Mensos Risma: 2021 Banyak Transaksi Terlambat oleh Himbara

Feb 20, 2022 18:17
Menteri Rismaharini, salah satu stiker bantuan sosial di daerah dan surat Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (20/2/2022) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)
Menteri Rismaharini, salah satu stiker bantuan sosial di daerah dan surat Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (20/2/2022) (Foto Ahmad Istihar/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah lewat Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengklaim alasan penyaluran BPNT 2022 lewat PT Pos secara tunai. Menurut Risma selain arahan Presiden, juga tidak terlepas pengalaman penyaluran BPNT 2021. BPNT 2021 banyak sekali transaksi terhambat. Sebab itu, menjadi salah satu alasan pencairan BPNT 2022 melalui PT Pos secara tunai mesti diketahui bersama di daerah kota/kabupaten tidak ada pengawasan dari pendamping terkait. 

Meski demikian, tambah Risma, pencairan atau penyaluran BPNT 2022 lewat PT Pos secara tunai ini hanya dilakukan triwulan pertama saja, yaitu Januari sampai Maret 2022. Risma mengatakan, penyaluran akan dilakukan tiga bulan sekaligus.

Baca Juga : Sederet Public Figure Meninggal karena Covid-19, Terakhir Dorce Gamalama

"Karena banyak sekali transaksi yang terhambat. Bahkan yang tahun lalu saja masih sekitar 3 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang belum transaksi," jelas Risma dalam keterangannya diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Minggu (20/2/2022).

Pernyataan itu, ditujukan kepada himpunan bank milik negara (Himbara) yang selama ini menjadi patner semua progam di Kemensos RI. Sebab itu, Risma menegaskan, bahwa realisasi penyaluran BPNT 2022 secara tunai, pihaknya akan dibantu oleh PT Pos Indonesia.

"Untuk percepatan penyaluran bantuan, untuk triwulan pertama kami melakukan transfer langsung," ujarnya.

Sebelumnya, Jumat 18 Februari 2022, Kemensos RI melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin mengeluarkan surat ditujukan kepada para gubernur dan bupati-wali kota se-Indonesia

Dalam surat nomor 592-6-BS.01-2-2022, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama meminta kepada para gubernur dan bupati atau walikota agar mendukung kelancaran penyaluran bantuan sosial tersebut.

Baca Juga : Solois Fajar Sandy Sampaikan Pesan Mendalam untuk Buah Hati

Surat dengan perihal "percepatan penyaluran Bansos Sembako atau BPNT periode Januari sampai dengan Maret 2022" ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Asep Sasa Purnama. Berikut isi surat Kemensos RI yang ditujukan kepada gubernur dan bupati-wali kota

Menindaklanjuti arahan bapak Presiden RI pada rapat terbatas, Selasa 15 Februari 2022 untuk mempercepat penyaluran Bantuan Sosial tahun 2022, maka penyaluran Bantuan Sosial (BPNT) dilaksanakan pada Februari 2022, yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia dalam bentuk tunai.

Sehubungan hal tersebut, kami mohon para gubernur dan bupati - walikota serta jajaran organisasi pemerintah daerah untuk mendukung kelancaran penyaluran bantuan sosial dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
mensos tri rismaharini bpnt 2022

Berita Lainnya