06/12/2022 Lulus 100 Persen, FK Unisma Raih Peringkat 1 Nasional Kelulusan First Taker UKMPPD | Jatim TIMES

Lulus 100 Persen, FK Unisma Raih Peringkat 1 Nasional Kelulusan First Taker UKMPPD

Feb 14, 2022 14:36
Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi dan Dekan FK Unisma dr Rahma Triliana MKes PhD (Ist)
Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi dan Dekan FK Unisma dr Rahma Triliana MKes PhD (Ist)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK Unisma) tengah berbangga. Sebab, FK Unisma meraih peringkat 1 Nasional terkait First Taker Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) dengan kelulusan 100 persen periode Februari-November 2021.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan, jika sejak tiga tahun terakhir, FK Unisma memiliki peringkat yang bagus. Pada 2019, Unisma berada diperingkat ke 5 besar Nasional. Kemudian, 2020 berada pada peringkat 2 dan 2021 berada diperingkat pertama Nasional, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Baca Juga : 374 Diusulkan dalam Musrenbang Pemuda, Ekonomi Kreatif Masih Jadi Prioritas

"Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Ini tentu tak lepas dari kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dari Fakultas Kedokteran dengan berbagai macam strategi dan metode pembelajaran," paparnya.

Selain itu, prestasi ini tentunya diharapkan bisa memacu fakultas lainnya dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul, di mana bagian dari persiapan diri sebagai World Class University.

Dekan FK Unisma dr Rahma Triliana MKes PhD menambahkan, terdapat 81 mahasiswa di 2021 yang mengikuti UKMPPD dan hasilnya lulus 100 persen tanpa retaker. UKMPPD dilakukan 4 kali dalam setahun, yakni pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November.  

"Hasil dari 4 periode ini di rata-rata dan laporannya diberi ke pihak kampus sebagai feedback," tuturnya.

Kesuksesan ini disampaikannya tak lepas dari peran berbagai pihak, seperti juga berkoordinasi mitra rumah sakit pendidikan FK UNISMA. Rumah sakit mitra tersebut, seperti RS di Bangkalan, RS Kanjuruhan Kepanjen, RS Mardi Waluyo Blitar, RS Blambangan Banyuwangi, RSI Unisma, RSJ Lawang, RS Bhayangkara Porong dan Klinik Muslimat Singosari. 

Baca Juga : Putri Wapres RI KH Ma'ruf Amin Singgah di NK Cafe, Puji Konsepnya Bagus

Disampaikannya pula, capaian ini juga berkat support dari para alumni FK Unisma melalui metode body partner learning. Dengan metode ini, mahasiswa yang belajar mendapatkan bimbingan dan share pengalaman dari para alumni. 

"Jadi itu semacam teman belajar yang diambilkan dari mereka kakak-kakaknya. Mereka membantu adik-adiknya lebih siap. Share pengalaman dan belajar intensif selama dua bulan,"pungkasnya.

Judul berita Lulus 100 Persen, FK Unisma Raih Peringkat 1 Nasional Kelulusan First Taker UKMPPD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Fakultas Kedokteran Unisma peringkat 1 nasional first taker ukmppd

Berita Lainnya