Asam Lambung Bisa Sembuh Cuma dengan Modal Segelas Susu Dingin, Begini Caranya! | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Asam Lambung Bisa Sembuh Cuma dengan Modal Segelas Susu Dingin, Begini Caranya!

Feb 05, 2022 08:42
Ilustrasi (Foto: India Today)
Ilustrasi (Foto: India Today)

JATIMTIMES - Asam lambung kerap diderita oleh beberapa orang. Rasa sakit yang dari asam lambung itu pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Penderita asam lambung pasti tahu betul bagaimana rasa pedihnya kala penyakit satu ini kambuh. Bahkan, obat pun kadang mempan dan kadang tidak.

Baca Juga : Angka Covid-19 Melonjak, Pemkot Malang Terapkan PTM 50 Persen

Tapi sebelum minum obat dokter, ada baiknya kita tahu cara alami untuk mengobati asam lambung. Asam lambung ternyata bisa diatasi hanya dengan minum segelas susu dingin.

Efeknya disebut dijamin cespleng. Asam lambung bisa diredakan dengan berbagai macam bahan makanan dan minuman yang aman bagi tubuh.

Banyak orang memilih mengonsumsi obat-obatan antasida untuk meredakan asam lambungnya. Namun kebanyakan obat antasida juga kurang baik untuk lambung.

Jadi saat lambung kebanyakan zat asam, lebih baik beralih ke pengobatan alami yang tidak mengandung obat-obatan kimia. Salah satu yang dipercaya efektif meredakan asam lambung yakni segelas susu dingin.

Menurut penelitian, susu dingin efektif meredakan kelebihan zat asam di saluran cerna. Kalsium dan protein di dalam susu sapi dipercaya bisa membantu meredakan heartburn.

Meski ada pula beberapa pihak yang menyatakan bahwa susu sapi bisa memperparah gangguan asam lambung yang ada. Melansir melalui Healthline, kalsium karbonat merupakan sumber kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Selain itu, kalsium juga bisa bekerja sebagai properti antasid karena memiliki efek menetralkan zat asam. Kalsium di dalam susu dapat digunakan menetralkan asam di saluran cerna.

Karena susu tinggi akan kalsium, maka susu diklaim punya kemampuan menetralkan asam lambung dengan efektif. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 11.690 orang ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kalsium dalam susu dalam takaran rutin, punya risiko kecil terkena asam lambung.

Selain menetralkan asam, susu juga mineral penting yang bisa menguatkan otot. Kemudian dalam gangguan asam lambung, otot terbawah dari esofagus mengalami kelemahan, sehingga carian dari saluran cerna bisa mudah mengalir kembali ke kerongkongan.

Baca Juga : Serunya Lagu Jawa 'Ojo Nangis' Ndarboy Genk saat Dinyanyikan Generasi Muda Papua

Nah susu yang berkhasiat menguatkan otot, bisa juga digunakan untuk menguatkan otot esofagus yang melemah ini. Sehingga imbasnya asam lambung pun akan semakin jarang kambuh.

Protein di dalam susu juga merangsang produksi gastrin. Gastrin sendiri merupakan hormon yang bekerja mengosongkan isi lambung.

Saat makanan dalam lambung tinggal sedikit, maka kemungkinan ia akan berbalik ke esofagus akan menjadi kecil.

Cara mengobati asam lambung dengan susu dingin

Menenggak segelas susu dingin dipercaya bisa langsung meredakan asam lambung dan menetralkan berbagai macam jenis zat asam pada lambung. Meminum susu dingin secara rutin bisa mengendalikan gerd dan mengurangi sensasi heartburn ketika asam lambung kambuh.

Meski memiliki banyak manfaat untuk saluran cerna, namun lemak dalam susu ditengarai justru bisa memperparah kondisi asam lambung dengan menstimulasi sel di dalam saluran cerna untuk memproduksi asam lebih banyak.

Jadi saat ingin mengobati asam lambung dengan segelas susu dingin, alangkah baiknya jika menggunakan susu fat free atau susu tanpa kandungan lemak tinggi.

Susu jenis ini lebih aman dan lebih efektif dalam mereduksi gangguan asam lambung tanpa menimbulkan efek samping. Tak cuma itu, pengobatan asam lambung dengan susu juga sangat tak disarankan bagi Anda yang memiliki alergi akan laktosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
asam lambung obat asam lambung

Berita Lainnya