07/02/2023 Wujudkan Kota Layak Anak, Pemkot Malang Bentuk Pokja PAUD hingga Tingkat Kelurahan | Jatim TIMES

Wujudkan Kota Layak Anak, Pemkot Malang Bentuk Pokja PAUD hingga Tingkat Kelurahan

Jan 27, 2022 15:42
Pengukuhan Pokja Bunda PAUD tingkat kelurahan se-Kecamatan Sukun dan Kedungkandang di Kartini Imperial Building, Kamis (27/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Pengukuhan Pokja Bunda PAUD tingkat kelurahan se-Kecamatan Sukun dan Kedungkandang di Kartini Imperial Building, Kamis (27/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

Pewarta: Arifina Cahyati Firdausi | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya untuk mewujudkan wilayahnya menjadi Kota Layak Anak. Salah satunya dengan menjalin sinergitas dengan Tim Penggerak PKK Kota Malang.

Hal ini dengan hadirnya Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Malang. Bahkan, guna lebih optimal dalam menjalankan program pendidikan karakter anak sejak usia dini, dibentuk dan dikukuhkan Pokja Bunda PAUD di 5 kecamatan di Kota Malang dan 57 kelurahan se Kota Malang.

Baca Juga : Sederet Makanan yang Diduga Mengandung Babi dan Narkoba, Ada Permen Yupi

Bunda PAUD Kota Malang Widayati Sutiaji mengatakan, hal tersebut bentuk komitmen PKK Kota Malang untuk mewujudkan kolaborasi hexahelix dengan Pemkot Malang dalam rangka optimalisasi peran perempuan untuk berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan manusia.

Salah satunya melalui usaha peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Malang. Sebab, pendidikan karakter anak di usia dini sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian lebih sebagai bentuk tanggung jawab moral.

"Karena itu, dengan anak-anak ikut program PAUD, maka akan memiliki kemampuan lebih dari sisi karakter, soft skill, dan ketrampilan lebih dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengikuti PAUD," ujarnya saat kegiatan pengukuhan Pokja Bunda PAUD tingkat kelurahan se-Kecamatan Sukun dan Kedungkandang di Kartini Imperial Building, Kamis (27/1/2022).

Program ini, menurut Widayati, sebagai bentuk dukungan akan program prioritas dari Pemkot Malang untuk menjadikan kota yang ramah dan layak untuk anak.

Karena itu, Pokja Bunda PAUD Kota Malang akan ikut memberikan sumbangsih melalui implementasi program yang nyata kepada anak-anak khususnya dan kebijakan Pemkot Malang umumnya.

Baca Juga : Sasar Wilayah Mandiri Perekonomian, Diskopindag Kota Malang Fasilitasi Klinik Koperasi

"Tentu menjadi harapan kita bersama bahwa sinergi ini menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak Walikota dan jajarannya untuk menentukan kebijakan terkait dengan Kota Layak Anak dan perkembangan pendidikan anak usia dini," ungkapnya.

Terkait tugas dan fungsi Pokja Bunda Paud secara organisasi, hal itu bergantung pada program yang dirumuskan oleh Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD Kota Malang. Tentunya, dalam membangun komitmen serta persepsi bersama demi peningkatan mutu dan kualitas anak di usia dini.

"Saya berharap Pokja Bunda PAUD mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga ke tingkat Kota mampu merumuskan program terbaik agar setiap gerak dan langkah dalam mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas serta menjadikan anak-anak yang pintar, cerdas dan berbudi pekerti luhur dapat terlaksana dengan baik," tandasnya.

Judul berita Wujudkan Kota Layak Anak, Pemkot Malang Bentuk Pokja PAUD hingga Tingkat Kelurahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
paud kota malang bunda paud kota malang

Berita Lainnya