Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Percepatan Penanganan Covid-19, Dinkes Kota Batu Gelontorkan Rp 4,4 Miliar untuk Fasilitas Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Jan - 2022, 10:30

Placeholder
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksinasi di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pandemi Covid-19 masih belum dinyatakan selesai meski angka kasus aktif di Kota Batu hingga Minggu (23/1/20222) tercatat hanya satu kasus. Meski demikian Dinas Kesehatan Kota Batu menganggarkan untuk penanganannya sebesar Rp 4,4 miliar.

Anggaran itu disiapkan di tahun 2022 untuk percepatan penanganan Covid-19. Dengan anggaran itu disiapkan untuk beberapa fasilitas. Diantaranya biaya sewa gedung untuk fasilitas isolasi mandiri (isoman) dan termasuk klaim pasien.

Baca Juga : Waspadai Covid Omicron, Bupati Jember Pimpin Apel 'Pamor Keris'

“Kedua fasilitas itu saja butuh anggaran setidaknya masih sekitar Rp 2 miliaran,” ucap Sekretaris Dinkes Kota Batu Yuni Astuti. Kemudian juga untuk membeli peralatan kesehatan.

Seperti spuit, safety box, alkohol swab, peralatan antigen, Alat Pelindung Diri (APD), Masker N95, desinfektan, dan sebagainya. “Untuk fasilitas tersebut kurang lebih mencapai Rp 4,4 miliar,” tambah Yuni.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari menambahkan, percepatan penanganan pandemi Covid-19, fokus Pemkot Batu pada kedisiplinan protokol kesehatan pada warga di Kota Batu. Juga vaksinasi pada lanjut usia.

Sebab capaian vaksinasi pada lansia hingga Sabtu (22/1/2022) jumlah dosis pertama mencapai 13.849 atau 68,65 persen. Kemudian pada dosis kedua 11.587 atau 57,44 persen.

“Kami fokus dengan vaksinasi lansia, dengan door to door dan sebagainya supaya cepat tercapai targetnya,” ucap Kartika.

Sementara itu hingga Minggu (23/1/2022) capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama mencapai 180.387 orang atau 109,37 persen. Sebelumnya Pemkot Batu telah mencapai target di akhir tahun.

Baca Juga : Tersisa Rp 648 Juta, Ini Rincian Bantuan Donasi Banjir Bandang Kota Batu yang Sudah Tersalurkan

Sedangkan vaksinasi dosis kedua tercatat mencapai 148.539 orang atau 90,06 persen. Dan tenaga kesehatan sejumlah 2.175 orang atau 132 persen.

Selain itu untuk saat ini terdapat satu pasien aktif Covid-19, kini menjalani karantina secara mandiri. Dengan bertambahnya satu kasus, secara kumulatif terdapat 3.123 kasus.

Lalu kasus kesembuhan Kota Batu sejumlah 2.856 orang. Dengan jumlah kematian mencapai 266 orang.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni