Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Bertemu Pelaku Start Up Game dan Aplikasi, Erick Thohir: Saya Harap Lahir Superhero dari Kota Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

16 - Jan - 2022, 06:55

Placeholder
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir saat berfoto bersama dengan para pelaku start up game dan aplikasi dari Kota Malang, Sabtu (15/1/2022) malam. (Foto: Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Erick Thohir hadir dan bertemu langsung dengan puluhan pelaku industri kreatif digital start up game dan aplikasi dari Kota Malang di Oura Resto Malang, Sabtu (15 Januari 2022) malam. 

Mewakili pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, turut hadir perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang. 

Baca Juga : 792 Liter Minyak Goreng Disalurkan PFI Malang, Bentuk Kepedulian untuk Korban Erupsi Semeru

Dalam pertemuan tersebut, Erick mengatakan pemerintah akan terus hadir mendukung upaya tumbuh kembang industri kreatif digital.  Salah satu contoh bentuk dukungan yang dikembangkan oleh BUMN yakni inisiasi dari Sembrani dan Kiqani Fund sebagai platform pendanaan bagi start up yang bergerak di bidang fashion, food, beverages dan kecantikan. 

Selain itu, ada skema Indonesia Digital Tribe dari PT Telkom dan Bank Mandiri yang menghadirkan digital mentorship program, hackhaton, dan ruang showcase bagi puluhan prototipe terbaik. 

Semuanya dikembangkan dengan harapan mencetak generasi muda yang produktif dan tidak dieksploitasi sebagai pasar semata di mata dunia.

Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Menurut Erick, dunia baru membawa tantangan baru yang juga perlu “superhero” baru, layaknya film-film Marvel menghadirkan protagonis dan antagonis yang terus berevolusi. "Kita harus memastikan ekosistem kita sendiri yang menang. Maka dari itu, perlu superhero yang baru. Superheronya bukan saya, tapi kalian. Saya berharap lahir dari Kota Malang," ungkap Erick.

Erick menuturkan, membangun ekosistem start up yang mendunia merupakan mimpi besar yang sedang dijalani Indonesia dan membuat negara-negara lain ketir-ketir.  Pihaknya berpandangan, dalam menghadapi disrupsi ekonomi, Indonesia harus dapat menciptakan ekosistem sendiri.

"Kita harus mempunyai ekosistem sendiri, roadmap sendiri, dunia Indonesia, bukan dunia orang lain. Nah ini momentum yang luar biasa. Ekonomi Indonesia ini akan terus tumbuh sampai 2045. Jadi, artinya apa? Potensinya luar biasa," kata Erick. 

Terlebih lagi, sikap optimisme Erick tersebut juga didukung dengan berbagai fakta serta potensi dengan semakin menguatnya ekonomi kelas menengah dan besarnya jumlah anak muda dalam struktur demografi Indonesia. 

Baca Juga : Gagal Gunakan Sistem Voting Karena Server Down, Muscab Peradi Malang Raya Berakhir Aklamasi

Lebih lanjut, Ketua Komunitas Start Up Singo Edan (Stasion) Malang Ziaelfikar Albaba yang ditunjuk sebagai pembawa acara mengatakan bahwa subsektor game dan aplikasi memiliki potensi besar. Hal itu dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah pelaku usaha, talenta, event, dan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah Kota Malang dan BUMN.

"Jumlah startup dari data member Stasion di Kota Malang sudah mencapai 118 per Januari  2022 dengan tiga segmentasi bidang start up. Product dan project based, Product based dan product based (service)," ujar pria yang disapa Fikar itu.

Fikar mewakili para pelaku industri kreatif start up di Kota Malang berharap bahwa ruang-ruang kerja sama pengembangan dengan BUMN akan semakin terbuka di masa mendatang. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyambut baik kunjungan dan perhatian yang diberikan Menteri BUMN Erick Thohir terhadap para insan kreatif di Kota Malang. "Terima kasih atas kunjungan Bapak Menteri ke Kota Malang. Insya Allah, mohon dukungannya, potensi besar Kota Malang siap semakin mendunia dan Pemkot Malang pun siap terus hadir untuk anak-anak muda kreatif," ujar Sutiaji. 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy