Ingin Tahu Progres Pembangunan Infrastruktur di Kota Malang? Pantau Melalui "Si Cakep" | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ingin Tahu Progres Pembangunan Infrastruktur di Kota Malang? Pantau Melalui "Si Cakep"

Jan 14, 2022 10:25
Salah satu proyek pembangunan di Kota Malang, Malang Creative Center (MCC) yang masih berprogres. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Salah satu proyek pembangunan di Kota Malang, Malang Creative Center (MCC) yang masih berprogres. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pengembangan informasi berbasis dugital terus dioptimalkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Tentu saja, langkah ini sebagai salah satu cara memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk bisa aktif ikut memantau program yang tengah digarap pemerintah.

Salah satunya, program pembangunan infrastruktur di Kota Malang. Kini masyarakat dapat melihat progresnya secara transparan. Hal itu, bisa dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Capaian Kinerja (Si Cakep).

Baca Juga : Sentuh Domestik Marketplace, Wali Kota Sutiaji Optimis Pulihkan Ekonomi Kota Malang

Dari aplikasi ini, masyarakat akan mendapatkan semua informasi mengenai program pembangunan di Kota Malang secara transparan. Mulai dari pembangunan infrastruktur apa saja yang sedang dikerjakan di Kota Malang, detail proyek, anggaran hingga progresnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi mengatakan, di dalam aplikasi Si Cakep ini memuat data grafis dan informasi mengenai infrastruktur di Kota Malang. Tak hanya progress pekerjaan yang tengah dikerjakan, namun hingga proyek yang sudah tuntas akan bisa diketahui oleh masyarakat yang menginginkan.

"Itu kan sistem informasi yang dikembangkan Pemkot Malang. Jadi di situ warga bisa melihat kinerja perangkat-perangkat daerah. Di DPUPRPKP, misal ada pembangunan apa saja tahun ini, progresnya bagaimana itu bisa dilihat semuanya," ujarnya.

Dikatakannya, aplikasi ini bisa memperlihatkan hasil-hasil pembangunan yang dikerjakan. Detail data pekerjaan dan lain sebagainya. Sehingga, semua informasi akan kinerja di sektor pembangunan akan bisa diakses dengan mudah dan transparan.

Baca Juga : Nyaris Dihajar Massa, Pemuda Kepergok Nyolong Kotak Amal Masjid 

Caranya pun juga cukup simple, sebab masyarakat bisa mendownload Si Cakep di Playstore. Pun juga, bsia mengaksesnya via website yakni dengan mengetik laman sicakep.malangkota.go.id.

"Ya memang itu kan juga database capaian kinerja yang memuat hasil kerja pembangunan infrastruktur secara lebih transparan. Sehingga bisa diakses oleh masyarakat umum," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
diah ayu kusuma dewi si cakep

Berita Lainnya