Wapres Ma'ruf Amin Singgung Generasi Emas Indonesia saat Kunjungi Bangkalan | Jatim TIMES

Wapres Ma'ruf Amin Singgung Generasi Emas Indonesia saat Kunjungi Bangkalan

Jan 13, 2022 20:39
Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin saat memberikan orasi ilmiah di hadapan wisudawan wisudawati STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan (Foto: Hadi for JatimTIMES) 
Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin saat memberikan orasi ilmiah di hadapan wisudawan wisudawati STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan (Foto: Hadi for JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (13/1/2022). 

Orang nomor dua di jajaran Pemerintah Indonesia ini mengawali kunjungannya di acara resepsi wisuda ke 10, Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona (STAIS) Moh. Cholil, di gedung Serbaguna Rato Ebu Bangkalan. 

Baca Juga : Warga Zionis Israel Tunjukkan Rasa Sayangnya ke Indonesia, Salam Damai

Dalam kesempatan itu, Wapres mempunyai kesempatan untuk memberikan orasi ilmiah di hadapan para wisudawan satrata 1 (S1) STAIS. Menurutnya, pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia hingga tercapai SDM unggul.

Salah satu kunci keberhasilan dalam mewujudkan cita-cita itu kata dia adalah kolaborasi. Adapun kolaborasi yang ia maksud, tentunya harus melalui peran aktif seluruh pihak, termasuk lembaga pendidikan, untuk mencetak generasi unggul bangsa Indonesia. 

"Kita butuh peran aktif lembaga pendidikan, termasuk dari kalangan pesantren, madrasah, dan sekolah tinggi untuk mencapai cita-cita ini," tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin saat memberikan Orasi Ilmiah pada Wisuda S1 STAIS. 

Selain harus ada peran aktif dari lembaga pendidikan, juga diperlukan peran aktif dari masing-masing individu, terutama individu mahasiswa yang di wisuda pada hari ini. 

"Para wisudawan ini nantinya harus lebih aktif lagi dalam mengamalkan ilmunya di kehidupan sekitarnya, karena melalui ilmu pengetahuannya, tentu akan mempunyai dampak terhadap keberlangsungan hidup, utamanya dalam mengembangkan SDM unggul," kata dia. 

Tidak hanya itu, Wapres juga berpesan kepada para civitas akademika STAI Syaichona Moh. Cholil, agar ke depan terus konsisten dalam membimbing dan mengantar para santrinya menjadi SDM yang saleh, cerdas, terampil dan mandiri untuk menjadi generasi emas Indonesia di masa yang akan datang. 

Baca Juga : Rumah Sakit Terbengkalai di Tumpang, Sempat Ada Orang Lahiran hingga Kesurupan Tak Bisa Sadar

"Semoga STAIS dapat terus mencetak lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berwawasan global, sekaligus mampu bersikap tasamuh, berjiwa sosial, dan menghadirkan kedamaian dalam pergaulan, baik antar saudara sebangsa maupun dengan bangsa-bangsa lain di dunia," cetusnya. 

Sekedar diketahui, turut hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, serta jajaran Forkopimda Pemkab Bangkalan. 

Adapun jumlah mahasiswa yang di wisuda sebanyak 175 mahasiswa, yang terdiri dari tiga program studi. Di antaranya Pendidikan Bahasa Arab sebanyak 40 mahasiswa, Ekonomi Syariah 100 mahasiswa dan program studi Hukum Pidana Islam sebanyak 35 peserta mahasiswa.

Topik
Wakil Presiden Indonesia KH Ma’ruf Amin kabupaten Bangkalan Khofifah Indar Parawansah Berita Madura berita bangkalan Berita Jatim

Berita Lainnya