Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Advertorial

Kelebihan Toilet Portabel yang Masih Banyak Orang Belum Mengetahuinya

Penulis : redaksi - Editor : Heryanto

13 - Jan - 2022, 16:07

Placeholder
Toilet Portabel

Banyak orang yang masih asing dengan toilet portabel yang mana kegunaannya sama dengan toilet pada umumnya. Toilet portabel ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sanitasi dan dapat diletakkan dengan kebutuhan masing-masing.  

Hadirnya toilet ini memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang dan tidak bisa mengalami penundaan tanpa mengenal waktu dan juga tempat. Walaupun pada tempat tersebut tidak dibangun sebuah kamar mandi, namun kebutuhan toilet ini masih akan tetap ada.  

Kelebihan Menggunakan Toilet Portabel  

Baca Juga : Doa serta Cara agar Haid Cepat Keluar dan Siklus Bisa Teratur

Toilet portabel ini bisa digunakan ketika mempunyai sebuah event yang memiliki jangka waktu yang lama di luar ruangan yang tidak menyediakan toilet. Ada banyak sekali kelebihan yang bisa di dapatkan dari menggunakan toilet yang satu ini, berikut adalah ulasan lengkapnya :

1. Multifungsi

Walaupun sering digunakan dalam sebuah event layaknya festival maupun maraton, toilet portabel ini juga dapat dimanfaatkan untuk acara keluarga, situs konstruksi, dan berbagai acara umum yang lainnya.  

2. Memberikan akses mudah ke toilet

Bukan seperti layaknya toilet duduk yang berada dalam sebuah bangunan maupun di luar ruangan, toilet portabel ini bisa ditempatkan sesuka hati kita, baik itu di luar ruangan maupun dalam ruangan. Jika dalam sebuah event para pengunjung tidak harus berjalan jauh dan merasa kesulitan pada saat mencari sebuah toilet.  

3. Mudah untuk dipindahkan

Sudah bisa dilihat dari namanya, jika toilet yang satu ini memang bersifat portabel yang bisa dilakukan pemindahan kapan saja. Ketika berada dalam kebutuhan yang mendadak dan memerlukan waktu yang cepat, maka pemindahan dalam dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.  

4. Bisa menyesuaikan dengan kebutuhan

Harga toilet portabel dan jenisnya memang sangat beragam dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada jenis toilet portabel shower, VIP toilet yang memiliki ukuran besar dibanding dengan ukuran toilet yang standar pada umumnya.  

Bagian – bagian Toilet Portabel beserta Fungsinya

Pada toilet portabel mempunyai berbagai macam bagian yang mana bagian-bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing, antara lain adalah :

1. Lubang ventilasi  

Lubang ventilasi yang pasti akan ada dalam toilet umum maupun di toilet mobile. Pada lubang ventilasi ini akan mempunyai fungsi sebagai ventilasi septic tank yang ada di toilet karena septic tank semacam itu akan membutuhkan pertukaran udara. Adanya lubang ventilasi ini bisa membuat udara berputar antara udara yang berada di dalam dan juga luar ruangan, sehingga nantinya bau tidak sedap yang ada pada toilet portabel dapat berkurang.  

2. Lubang drain

Baca Juga : Kabar Penjemputan Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan, Ribuan Santri Berjaga di Ponpes

Lubang drain ini mempunyai fungsi sebagai penguras isi septic tank sampai habis. Di dalam toilet akan  tersambung dengan saluran pembuangan. Pada lubang tren nantinya akan dihubungkan ke dalam pipa tambahan sehingga bisa secara langsung masuk ke dalam lubang pembuangan tanpa melakukan penyedotan.  

3. Lubang out lantai

Nantinya pada toilet portabel tersebut akan mempunyai lubang yang digunakan sebagai aliran air dan memiliki fungsi untuk cuci tangan sehingga nantinya air yang mengalir ke lantai dapat masuk dengan mudah ke dalam filter air dan aliran tersebut akan tersalur secara langsung ke dalam lubang pembuangan.  

Jenis-jenis Toilet Portabel

Toilet portabel ini memiliki bentuk yang bermacam-macam dan dapat dipilih berdasarkan kebutuhan, setiap jenisnya memiliki bentuk dan juga kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah jenis-jenisnya :

1. Toilet portabel standar

Dilengkapi dengan fasilitas kloset jongkok dan dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Umumnya banyak ditemukan pada pembangunan proyek konstruksi. Fasilitas yang diberikan pembersih berjenis jet sprayer, tangki air dan pembuangan, lampu. Memiliki dimensi 2,3 m x 1,2 m x 1,2 m dan juga tangki untuk air 250 liter beserta tangki untuk pembuangan 265 liter.  

2. Toilet portabel VVIP

Jenis yang satu ini biasanya akan dilengkapi dengan wastafel, kloset duduk, tisu, lampu, pewangi, dan alat untuk pembersih jet sprayer. Memiliki ukuran yang sangat besar yang berukuran 2,3 m x 1,2 m x 1,3 m dan tangki air 250 liter, tangki pembuangan 330 liter.  

3. Toilet VIP

Jenis toilet portabel yang satu ini akan dilengkapi dengan kloset duduk dan beberapa alat tambahan yang lain seperti alat pembersih, tisu, lampu, pewangi, tangki pembuangan dan air. Ukurannya tidak akan jauh berbeda dengan jenis toilet standar dengan tangki air 250 liter dan pembuangan 280 liter.  

 


Topik

Advertorial



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

redaksi

Editor

Heryanto