Innovative Government Award 2021 Kota Batu Masuk Urutan 75 Kategori Kurang Inovatif | Jatim TIMES

Innovative Government Award 2021 Kota Batu Masuk Urutan 75 Kategori Kurang Inovatif

Jan 08, 2022 18:35
Alun-Alun Kota Batu saat padam. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Alun-Alun Kota Batu saat padam. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Rupanya Kota Batu harus lebih inovatif lagi dalam membangun kota apel ini. Sebab dalam Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2021 Kota Batu berada di peringkat 75.

Hal tersebut telah diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) dalam Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021. Dalam IGA Tahun 2021, terdapat dua kategori yang diperlombakan.

Baca Juga : Kapolres dan Institusi Polres Tuban Dapat Penghargaan Kapolda Jatim Award 2022

Dua kategori itu yakni kategori Pemerintah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang terdiri dari 415 kabupaten dan 93 kota. Dari 93 kota, Kota Batu masih berada di urutan 75. Dengan meraih kategori kurang inovatif.

Dengan demikian inovasi yang diberikan selama tahun 2021 dinilai masih kurang kreatif dari daerah lainnya. Hal tersebut sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6-5848 Tahun 2021. Tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, Dan Kota Tahun 2021 Menteri Dalam Negeri.

Sementara itu IGA 2021 merupakan gelaran untuk memberikan penilaian kemajuan pembangunan di daerah. Yang merupakan sebuah upaya mendorong lahirnya berbagai inovasi dari Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, selanjutnya Pemkot Batu harus banyak berbenah untuk yang lebih baik. Rencananya untuk memberikan inovasi yang maksimal, bakal menyurati Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan inovasinya.

Baca Juga : Penilaian Ombudsman Soal Kepatuhan Pelayanan Publik Sesuai UU nomor 25 Tahun 2009

“Kedepan Bappelitbangda harus menyurati dan mewajibkan setiap bidang di masing-masing OPD memiliki minimal satu inovasi,” ucap Punjul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
indeks i inovasi daerah Pemkot Batu

Berita Lainnya