Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Tentara Gadungan Bikin Geger Blitar, Palsukan Kartu Anggota Kodim 0808

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Jan - 2022, 18:40

Placeholder
Kartu palsu anggota TNI yang mengatasnamakan Kodim 0808/Blitar. (Foto: Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES-Ketenangan warga Blitar mendadak dikejutkan dengan kasus penipuan yang mencatut anggota TNI. Seorang pria diduga memalsukan kartu anggota untuk jadi TNI gadungan dengan mencatut nama Kodim 0808/Blitar. Kartu anggota yang diduga palsu itu ramai beredar melalui pesan whastApp dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan analisa pihak berwajib, bentuk fisik kartu anggota yang diduga palsu itu memang terdapat sejumlah kejanggalan. Hal ini diungkap sendiri oleh Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Infanteri Didin Nasrudin Darsono.

Baca Juga : Bupati Blitar Mak Rini Launching Program Vaksinasi Anak

Menurut Didin, salah satu kejanggalan yang jelas kentara adalah komandan Kodim yang bertanda tangan di kartu tersebut berpangkat kolonel.  Padahal  Komandan Kodim 0808 Blitar  seharusnya dijabat oleh perwira menengah berpangkat Letnan Kolonel.

"Saya pastikan itu bukan anggota Kodim 0808/Blitar. Kalau dari nama Dandim nya saja udah salah, Dandim itu dijabat Letnan Kolonel. Nah di kartu anggota yang beredar itu pangkat yang tanda tangan kolonel. Selain itu  yang mencolok adalah stempel. Kalau Kodim itu pakainya bulat bukan lonjong," kata Didin saat dikonfirmasi awak media, Kamis (6/1/2022).

Didin menambahkan, foto yang dipakai dala kartu tersebut juga janggal. Menurut dia, foto tersebut diduga adalah milik anggota TNI yang disalahgunakan.

"Soal foto itu sepertinya penerbang, kalau seandainya itu benar-benar foto anggota terus disalahgunakan kan kasihan. Yang melakukan hal ini jelas-jelas dia adalah penjahat,’’ tukasnya.

Lebih dalam Didin menyampaikan, terkait dengan kasus ini Kodim 0808/Blitar tengah melakukan pendalaman.Kodim 0808/Blitar juga akan bekerjasama dengan kepolisian agar  jangan sampai ada korban.

Baca Juga : Tanpa Pedangpora, Begini Suasana Pelepasan Kapolres Jember oleh Dandim Jember

"Pelakunya belum ditangkap. Dan kita juga belum memperoleh ada korban yang tertipu.Nah ini kami juga himbau kepada masyarakat kalau ada yang mengaku anggota dengan nama yang seperti beredar itu jangan dipercaya karena itu bukan anggota kami," tegas Didin.

Lebih dala Didin menyampaikan,  pihaknya meminta masyarakat untuk melapor ke Kodim 0808 Blitar apabila menjadi korban penipuan  oleh tentara gadungan. "Kami juga minta kerjasama masyarakat dan rekan-rekan media agar jangan sampai ada korban," tuntasnya.

Sekedar diketahui, ketenangan warga Blitar mendadak dikejutkan dengan broadcast message whatsApp tentang p tentara gadungan yang mencatut Kodim 080 Blitar. Dalam pesan berantai tersebut tertuliskan jika ada seseorang yang mengaku sebagai anggota TNI angkatan darat yang melakukan penipuan di wilayah  Blitar. Dalam pesan tersebut juga disertakan foto kartu keanggotaan TNI angkatan darat dengan nama Guru Gunawan yang berpangkat Sertu.


Topik

Hukum dan Kriminalitas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni