Urai Macet, Pemkot Malang Kembali Canangkan Pembangunan Underpass | Jatim TIMES

Urai Macet, Pemkot Malang Kembali Canangkan Pembangunan Underpass

Jan 05, 2022 19:17
Suasana kemacetan di salah satu ruas jalan di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Suasana kemacetan di salah satu ruas jalan di Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Persoalan kemacetan seakan menjadi satu hal yang tak kunjung berkesudahan di Kota Malang. Lalu lalang kendaraan di jalanan kota tampak semakin padat dalam mengisi rutinitas harian.

Hal inilah yang diseriusi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk segera bisa menuntaskan PR itu. Salah satunya dengan rencana pembangunan underpass (jalan lintas bawah) di beberapa kawasan tengah Kota Malang.

Baca Juga : Ombudsman Nyatakan Pemkab Malang Masuk Zona Merah Soal Kepatuhan Pelayanan Publik, Begini Jawaban Bupati Sanusi

Sejatinya wacana pembangunan underpass ini sempat dibahas sejak tahun 2020 lalu. Namun, rupanya tahun ini Pemkot Malang menyeriusinya untuk bisa direalisasikan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, rencana itu saat ini tengah disusun berkaitan dengan detail enginering design (DED) dengan salah satu perguruan tinggi di Kota Malang.

"Underpass masih disusun. Hari ini kami ketemu dengan UM (universitas Negeri Malang) berkaitan dengan CSR DED nya," ujarnya di sela acara Refleksi Kinerja Tahun 2021 “Satu dan Kuatkan Komitmen, Bangun Optimisme di Tahun 2022” di Gedung Islamic Center, Rabu (5/1/2022).

Dijelaskan Sutiaji, dimungkinkan underpass ini bakal dibuat di tiga kawasan. Hal ini mengikuti kondisi Kota Malang yang terlalu padat kendaraan. Pencanangan ini pun bukanlah tanpa alasan.

Pemkot Malang menilai, solusi ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mengentaskan masalah yang terus berlarut di Kota Malang. Yakni kepadatan kendaraan dan kemacetan.

Baca Juga : Refleksi Kinerja 2021 Pemkot Malang, Wali Kota Sutiaji Beber 6 PR di 2022

"Nanti rencana akan kamu bangun 2 sampai 3 titik. Tapi titiknya itu di mana, kami belum tahu. Itu basisnya dari forum lalu lintas. Mana titik yang crowded, nanti dari ahli transportasi yang nentukan sekiranya bisa mengurai kemacetan," ungkap Sutiaji.

Terkait realisasi pembangunannya, Sutiaji masih belum mau mengungkapkan lebih banyak. Ia berharap, rencana ini bisa segera terealisasi lebih cepat. Dimungkinkan, jika proses analisis bersama tim ahli tuntas, hal tersebut bisa mulai dibangun  tahun 2022 ini.

"Bisa jadi (tahun ini realisasi pembangunan underpass). Kami percepat analisisnya. Karena harus ada analisis manajemen lalu lintas juga. Setelah itu, kita lihat nanti anggaran kita. Kalau bisa, seleluasa mungkin akan kita bawa ke pusat," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rencana underpass Jalan lintas bawah Wali Kota Malang Sutiaji Atasi Kemacetan

Berita Lainnya