30/11/2022 Kaleidoskop Harris Hotel 2021: Berjuang di Tengah Pandemi Hingga Suguhkan Konsep Jadul di Malam Pergantian Tahun | Jatim TIMES

Kaleidoskop Harris Hotel 2021: Berjuang di Tengah Pandemi Hingga Suguhkan Konsep Jadul di Malam Pergantian Tahun

Jan 01, 2022 10:13
Pintu masuk lobi Harris Hotel and Conventions Malang. (Foto: instagram harrismalang)
Pintu masuk lobi Harris Hotel and Conventions Malang. (Foto: instagram harrismalang)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Di tengah pandemi Covid-19, Harris Hotel and Conventions Malang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu yang datang. Mulai dari kebersihan hingga beragam fasilitas penunjang kenyamanan tamu hotel.

Marketing Communication Harris Hotel and Conventions Malang Gledy Webyansyah mengatakan, pihaknya tidak pernah sekalipun tutup karena terdampak pandemi Covid-19. Artinya pihak manajemen Harris Hotel and Conventions terus berjuang dengan berbagai cara.

Baca Juga : Polisi Segera Panggil Publik Figur Lain di Kasus Prostitusi Artis Cassandra Angelie

Gledy menuturkan, pihak manajemen tidak pernah menurunkan harga menginap di Harris Hotel and Conventions hingga di bawah standar. Namun, di tengah pandemi Covid-19 harga terendah menginap masih di angka Rp 618 ribu.

Tempat tidur yang bersih.

Dengan begitu, pihaknya terus berkomitmen menjaga kebersihan hotel dan kenyamanan tamu hotel dua kali lipat lebih tinggi. Gledy mengaku lebih memilih cara-cara soft selling di tengah pandemi Covid-19.

"Kita lebih buat ke konten-konten dan promosi-promosi yang sifatnya nggak hard selling tapi lebih ke soft selling," ungkap Gledy kepada JatimTIMES.com.

Selain itu, pihaknya juga terus memaksimalkan platform digital yang dimiliki. Mulai online travel, e-commerce, sosial media hingga direct reservation. Hal itu lah yang digunakan pihak manajemen Harris Hotel and Conventions Malang untuk berjuang di tengah pandemi Covid-19.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, pihak Harris Hotel and Conventions selalu menyediakan majalah atau katalog di setiap kamar. Namun, untuk mengurangi kontak langsung dan tetap menjaga kebersihan di tengah pandemi Covid-19 pihak manajemen mengganti dengan sistem barcode di setiap kamar.

"Istilahnya kita mengurangi barang-barang yang sering dipegang tamu. Jadi otomatis tamu bisa akses lewat barcode dari hp pribadi. Itu salah satu pelayanan prima ke tamu masalah kebersihan," terang Gledy.

Kolam renang yang tampak bersih dan asri.

Hal itu merupakan komitmen Harris Hotel and Conventions untuk menjalankan prosedur penerapan kebersihan, kehigienisan, hingga pengaturan jarak aman kepada tamu, yang mana semuanya mengacu pada prosedur Tauzia Ascott Cares.

Beberapa fasilitas sebelumnya juga telah tersedia di Harris Hotel and Conventions. Diantaranya, kamar dengan berbagai jenis, kolam renang, tempat gym, tempat spa, Dino Kids, restoran, cafe, meeting room serta ballroom.

Di tahun 2021 ini pihak manajemen menambah beberapa fasilitas penunjang. Diantaranya penambahan lima meeting room dengan dua jenis yang berbeda, Harrisimo Pizzeria, Harris Juice dan pembangunan Restoran Ah Yat Abalone Malang.

Ballroom Harris Hotel and Conventions.

Untuk penambahan lima meeting room yakni jenis trendy terdapat dua tempat. Di mana untuk jenis trendy meeting room memiliki besaran ruangan sekitar 88 meter persegi yang berkapasitas 35 pax dengan model teater. Sedangkan untuk jenis bride terdapat tiga ruangan baru yang memiliki luas 132 meter persegi dengan kapasitas 85 pax.

"Jadi total kita ada penambahan 5 meeting room, total kita ada 8. Satu ballroom, tiga meeting room yang kecil di sini, dua yang baru dan dua lagi di belakang," jelas Gledy.

Kemudian juga terdapat tambahan fasilitas di bidang kuliner yakni Harrissimo Pizzeria, Harris Juice dan pembangunan Restoran Ah Yat Abalone Malang. Untuk Harrissimo Pizzeria merupakan resto yang menjual Pizza dengan racikan bumbu khas Italia. Lalu untuk Harris Juice menyediakan beragam jus dari berbagai macam buah yang tentunya menyehatkan.

Menu di Restoran Ah Yat Abalone Malang.

Sedangkan pada tahun 2021 ini, pihak Harris Hotel and Conventions telah mengembangkan usahanya dengan membangun Restoran Ah Yat Abalone Malang di luar kawasan hotel. Di mana Ah Yat Abalone Malang sudah ada sejak tahun 2013, namun tempatnya berada di dalam Harris Hotel and Conventions.

"Sekarang sudah jadi berdiri sendiri restoran bangunan berbeda. Hotel sendiri, restoran sendiri," kata Gledy.

Untuk di Ah Yat Abalone Malang mengusung konsep makanan Chinese Food dan makanan signature dari Ah Yat Abalon Malang yakni menu Abalone yang merupakan makanan khas dari Hong Kong.

Selain menyediakan beragam makanan dan minuman khas Chinese Food, di Ah Yat Abalone juga menyediakan beberapa tempat untuk digunakan para pengunjung. Yakni satu main hall berukuran besar dengan kapasitas 96 orang. Kemudian juga terdapat lima meeting room atau biasa disebut VIP Rooms.

Baca Juga : Tahun Baru 2022, Covid-19 Melandai dan Kesembuhan Capai 96,18 Persen di Surabaya

"Itu bisa digunakan untuk meeting atau family dinner plus ada untuk playground. Dari 5 VIP, salah satu tempat itu ada playground untuk anak-anak mewarnai, bermain puzzle kita nyediain di sana," ujar Gledy.

Nuansa Mix Culture.

Lebih lanjut, dalam kurun waktu tahun 2020 hingga tahun 2021, Harris Hotel and Conventions telah meraih beragam pencapaian dan penghargaan. Diantaranya penghargaan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Lalu juga mendapatkan penghargaan dari beberapa platform digital terkait rekomendasi restoran terbanyak, yakni untuk Ah Yat Abalone Malang dan Harrissimo Pizzeria. "Kita juga dapat trip advisor traveller choice hotel di tahun 2020 sama 2021, itu berdasarkan rangking kita di sosial media platform di trip advisor," tutur Gledy.

Selain itu, selama pandemi Covid-19 jumlah pengikuti instagram Harris Hotel and Conventions terus bertambah. Sebelum pandemi Covid-19, jumlah pengikut hanya sekitar 10 ribu akun. Sedangkan saat ini sudah sekitar 14.500 pengikut.

"Sosial media di Hotel harris bukan hanya untuk promosi tapi kita kasih bikin konten di dalamnya, healthy lifestyle, rekomendasi tempat wisata. Sosial media kita gencar banget selama pandemi," kata Gledy.

Permainan ular tangga raksasa.

Sementara itu, di malam penghujung tahun 2021, Harris Hotel and Conventions tidak memberikan pertunjukan pesta kembang api atau acara lainnya seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

Namun, di malam pergantian tahun semalam, pihak manajemen telah memberikan promo khusus dengan konsep tempo dulu mengusung tema 90-an kepada para tamu. Promo New Year Package ini pun sangat diminati oleh para tamu.

Terdapat dua paket yang ditawarkan kepada para tamu. Yakni untuk harga Rp 1.588.000 per malam sudah mendapatkan fasilitas Harris Room, Snack Hampers, Party Popper, Recreation Ticket.

Kemudian harga Rp 2.122.000 per malam mendapatkan fasilitas Harris Room, Snack Hampers, Party Popper, Recreation Ticket, Breakfast 2 pax dan Buffet Dinner 2 pax. Tamu yang melakukan penambahan jumlah orang dalam buffet dinner dikenakan harga Rp 275 ribu untuk dewasa dan Rp 150 ribu untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

Mainan anak-anak.

Lalu untuk tempat makan malam atau dinner, para tamu bisa memilih di tiga tempat dengan konsep yang berbeda. Yakni tema Nusantara, Chinese dan Mix Culture. Konsepnya pun seperti menonton bioskop dengan diberi waktu selama 1 jam 30 menit.

Lalu juga terdapat lima meeting room yang menyediakan sarana permainan. Termasuk juga disediakan permainan ular tangga raksasa, playstation satu dua dan tiga, mainan anak-anak hingga monopoli.

Semuanya mengusung konsep tempo dulu dengan tema 90-an. Promo ini pun diserbu tamu yang memang sengaja ingin menghabiskan malam pergantian tahun untuk menikmati promo dari Harris Hotel and Comventions.

"Setiap tamu yang check in dengan membeli New year package kita kemarin, semua dapat gelang. Gelang itu mereka bisa main semuanya dengan pembatasan 3-5 orang setiap ruangan, maksimal satu orang 15 menit, kita juga mengikuti prokes," ujar Gledy.

Selain itu, di area Harris Hotel and Conventions juga disediakan tempat photobooth. Nantinya setiap pengunjung bisa menggunakan fasilitas tersebut dan fotonya bisa dibawa pulang.

Judul berita Kaleidoskop Harris Hotel 2021: Berjuang di Tengah Pandemi Hingga Suguhkan Konsep Jadul di Malam Pergantian Tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
HARRIS Hotel Hotel Harris

Berita Lainnya