Patroli Malam Pergantian Tahun, Wali Kota Malang: Alhamdulillah Terpantau Baik | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Patroli Malam Pergantian Tahun, Wali Kota Malang: Alhamdulillah Terpantau Baik

Jan 01, 2022 07:55
Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang saat menjelaskan hasil patroli malam pergantian tahun di beberapa titik keramaian, Jumat (31/12/2021) malam. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang saat menjelaskan hasil patroli malam pergantian tahun di beberapa titik keramaian, Jumat (31/12/2021) malam. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang melakukan patroli berkeliling Kota Malang dengan menyasar beberapa titik-titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan di malam pergantian tahun. 

Turut dalam rombongan patroli yakni Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Zuhandi. 

Baca Juga : Tinjau Pospam Nataru, Forkopimda Tulungagung Beri Bingkisan Petugas Jaga

Terdapat dua titik sasaran utama kegiatan patroli yang setiap malam pergantian tahun menjadi tempat untuk berkumpulnya masyarakat Kota Malang. Yakni kawasan Jalan Soekarno Hatta (Suhat) dan kawasan Jalan Merdeka Barat atau Alun-alun Malang. 

Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau titik keramaian malam pergantian tahun di kawasan Jalan Soekarno Hatta.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, dari pantauan di dua tempat tersebut tampak jelas perbedaannya. 

Untuk di kawasan Jalan Soekarno Hatta masih terdapat keramaian masyarakat jelang malam pergantian tahun yang didukung dengan banyaknya Pedagang Kaki Lima (PKL). Sedangkan untuk di Alun-alun Malang tampak di dalamnya minim penerangan dan tidak terdapat keramaian masyarakat. 

"Alhamdulillah terpantau dengan baik, tidak ada titik kerumunan yang berarti. Ada beberapa kerumunan, kita imbau untuk memakai masker. Setelah itu kita arahkan untuk segera balik ke rumah masing-masing," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Jumat (31/12/2021) malam. 

Di dua titik yang berpotensi menimbulkan keramaian tersebut Sutiaji juga memastikan masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan telah tervaksin. Hanya saja beberapa anak yang usianya masih di bawah enam tahun belum bisa mendapatkan vaksin. 

"Rata-rata lebih dari 97 persen kesadaran (masyarakat) untuk memakai masker sudah terbangun dengan baik. Di publik rupanya kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan sudah semakin menguat," jelas Sutiaji. 

Wali Kota Malang Sutiaji memakaikan masker kepada anak kecil.

Orang nomor satu di Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menuturkan, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) juga telah diinstruksikan berkeliling ke titik-titik di wilayahnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan. 

Baca Juga : Bupati Gresik Gus Yani Lantik 378 Pejabat Baru

"Itu tadi ada di cafe Sudimoro, tetapi saya minta untuk keliling terus menyampaikan informasi atau memberikan saran supaya menjaga protokol kesehatan Covid-19," tutur Sutiaji. 

Sementara itu, selain di dua tempat fasilitas umum yang setiap malam pergantian tahun berpotensi menimbulkan kerumunan, pihaknya juga telah meminta kepada jajaran Satgas Covid-19 dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang untuk terus mendorong agar hotel-hotel dapat tertib menerapkan aplikasi PeduliLindungi. 

"Sifatnya gini, mau okupansinya naik atau ditutup? Ya naik. Kalau naik peduli lindungi benar-benar ditegakkan. Karena kemarin samplingnya peduli lindungi nya masih ada yang nggak," kata Sutiaji. 

Terakhir di momentum malam pergantian tahu Sutiaji juga memohon doa kepada semua masyarakat dari berbagai elemen untuk bersama-sama menjaga penerapan protokol kesehatan agar tidak terjadi lagi Covid-19 gelombang ketiga. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Perayaan Tahun Baru tahun baru kota malang

Berita Lainnya