08/12/2022 Lakukan Pendekatan Humanis, Satpol PP Kota Blitar Pantau Anjal dan Gepeng Lewat CCTV | Jatim TIMES

Lakukan Pendekatan Humanis, Satpol PP Kota Blitar Pantau Anjal dan Gepeng Lewat CCTV

Dec 28, 2021 16:35
Ilustrasi. (Foto: Google Images)
Ilustrasi. (Foto: Google Images)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES—Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mulai gerah dengan maraknya gembel-pengemis (gepeng) dan anak jalanan di sejumlah ruas jalan protokol yang dinilai meresahkan dan mengganggu aktivitas pengguna jalan. Upaya penertiban pun terus dilakukan. Di antaranya dengan pemantauan melalui kamera CCTV.

“Kami terus berupaya melakukan penertiban anjal, gelandangan dan pengemis (gepeng). Anjal dan gepeng yang berkeliaran di Kota Blitar mayoritas berasal dari luar daerah,” kata Kepala Satpol PP Kota Blitar, Yudha Budiono dilansir dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga : Sempat Viral Orang Tua Korban Diminta Tangkap Sendiri Pelaku, Polda Metro Beri Penjelasan

Yudha menambahkan, keberadaan anjal dan gepeng merupakan masalah sosial yang dalam penanganannya memerlukan penanganan khusus. Pemerintah Daerah sudah seringkali melakukan sidak. Namun tetap saja anjal dan gepeng kembali di titik berbeda.

“Anjal dan gepeng ini memerlukan penanganan khusus. Untuk itu, kami mulai menyiapkan strategi baru untuk menangani persoalan itu. Diantaranya meningkatkan pemantauan secara digital, melalui CCTV,” terangnya.

Dalam pemantauan anjal dan gepeng melalui kamera CCTV, Satpol PP Kota Blitar bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo. Jika ada anjal dan gepeng yang terpantau kamera CCTV, Satpol PP akan langsung mendatangi lokasi dan melakukan pendekatan humanis.

Berdasarkan pemantauan, anjal dan gepeng di Kota Blitar berkeliaran di beberapa tempat. Diantaranya di Jalan Semeru, Jalan Tanjung, Simpang Empat Kawi, Jalan Jendral Soedirman dan Jalan Kenari.

Baca Juga : Terancam 8 Tahun Penjara, Istri dr Richard Lee Nangis Ngadu ke Jokowi Minta Keadilan

“Penanganan anjal dan gepeng kami lakukan tanpa operasi. Namun jika yang bersangkutan enggan pergi, maka kami akan melakukan penertiban, pembinaan, hingga dikembalikan ke daerah asal,” pungkasnya.

Judul berita Lakukan Pendekatan Humanis, Satpol PP Kota Blitar Pantau Anjal dan Gepeng Lewat CCTV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
anjal dan gepeng kota blitar Pemkot Blitar

Berita Lainnya