Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Resmi, Tilang Elektronik Diterapkan di Kota Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Dec - 2021, 15:37

Placeholder
Wali Kota Blitar Santoso melaunching ETLE bersama Kapolres Blitar Kota dan Dandim 0808/Blitar. (Foto: Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES-Polres Blitar Kota resmi menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Kebijakan ini diambil untuk mengoptimalkan pengamanan lalu lintas di Kota Blitar. Tilang elektronik atau ETLE diberlakukan sejak diresmikan pada Senin 27 Desember 2021.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setyawan, menyampaikan di Kota Blitar ada tiga titik yang dipasang kamera pengawas untuk pemberlakuan tilang elektronik atau ETLE. Tiga titik tersebut di antaranya simpang 3 Herlingga, simpang 4 masjid Plosokerep  dan simpang 4 SPBU Pakunden.

Baca Juga : Kaleidoskop Kota Malang: Banjir, Penganiayaan, hingga Kasus Persetubuhan Anak di Bawah Umur

Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, dengan adanya tilang elektronik atau ETLE diharapkan dapat membantu mengurangi pelanggaran lalu lintas  dan meminimalisir tindak kejahatan di jalanan di wilayah Kota Blitar.

"Kita akan monitor mulai pelanggaran lalu lintas  hingga tindak pidana yang mungkin terjadi di jalanan," kata Yudhi, ditemui awak media usai meresmikan tilang elektronik atau ETLE di Mapolres Blitar Kota, Senin (27/12/2021). Sementara Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim, AKBP Gathut Bowo Supriyono mengatakan, dengan tambahan tiga titik ETLE di Kota Blitar, kini di seluruh Jawa Timur total ada 56 titik ETLE.

Selain di Kota Blitar ETLE paling banyak ada di Kota Surabaya, kemudian di Lamongan, Gresik, Kota Batu dan Tulungagung.

"Ini salah satu bentuk jawaban dari Polres Blitar Kota atas instruksi Kapolri soal penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan inovasi elektronik untuk mengurangi bertemunya pelanggar dengan petugas. Penerapan ETLE ini akan  mengurangi, debat,  komplain hingga kemungkinan penyelewengan yang dilakukan petugas," terangnya.

Baca Juga : Malam Tahun Baru, Enam Titik di Kota Malang akan Disekat

Lebih dalam Gathut menyampaikan, dengan adanya inovasi ini di Kota Blitar, masyarakat diharapkan akan semakin patuh berlalulintas.

"Terutama di ruas jalan protokol, masyarakat  merasa diawasi sehingga mereka lebih berhati-hati," pungkas Gathut.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni